Menteri Perekonomian dan Menteri PU Hadiri Groundbreaking Pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung

Reporter : | 12 Oct, 2014 - 20:00 WITA

foto 1

Gubernur Sarundajang membawakan sambutan di groundbreaking pembangunan jalan tol Manado-Bitung.

SULUT, (manado24.com) – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Chairul Tanjung, dan Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto, menghadiri peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan jalan Tol Manado – Bitung, yang dilaksanakan di kawasan jalan ring-road, Minggu (12/10/2014).

Kegiatan yang turut dihadiri Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR. Sinyo Harry Sarundajang (SHS), Wakil Gubernur DR. Djouhari Kansil, Sekdaprov Ir. S.R. Mokodongan, pejabat eselon I dari Kementeri Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementerian PU, jajaran Forkopimda Sulut, dan sejumlah Bupati/Walikota dan Wakil Bupati/Wakil Walikota di Sulut, dilakukan juga peresmian sejumlah proyek di daerah Bumi Nyiur Melambai.

foto 2

Penekanan tombol tanda dimulainya pembangunan Tol Manado-Bitung

Acara diawali dengan laporan Kepala Dinas PU Sulut Ir. J.E. Kenap. Dalam laporannya mengatakan pembangunan jalan tol Manado-Bitung sepanjang 39 kilometer.

“Pembangunan akan dilakukan dua tahap. Pertama menghubungkan Manado-Aermadidi (Minut) sepanjang 13 kilometer, dan sisana di tahap kedua,” ujar Kenap.

foto 3

Menteri PU, Menteri Perekonomian, Gubernur Sarundajang, dan sejumlah Kepala Daerah di Sulut, meninjau pembangunan tol Manado-Bitung

Lanjut dia, pembangunan Tol Manado-Bitung ini, akan diawali dengan pembangunan yang akan dilakukan pemerintah, sepanjang 600 meter dengan anggaran Rp.44,6 Miliar.

“Kemudian pembangunan akan dilanjutkan oleh investor,” tandas Kenap.

Sementara Gubernur Sarundajang mengatakan, groundbreaking ini merupakan harapan yang sudah lama dirinya tunggu. Pasalnya, dia mengaku nyaris kerap mimpi buruk mengingat groundbreaking, dimana pemerintahan dibawa pimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Wapres Boediono serta Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II, akan berakhir 20 Oktober mendatang.

“Ini jawaban atas kerunduan masyarakat Sulut selama ini. Walaupun sempat pesimis di empat tahun yang lalu, tapi akhir pembangunan jalan tol terwujud. Ini juga berkat dorongan Menteri PU agar Pemprov Sulut terus mengejar pembangunan Tol Manado – Bitung ini,” ujar Sarundajang.

foto 4

Menteri PU, Menteri Perekonomian, Gubernur Sarundajang, dan sejumlah pejabat yang hadir, melihat denah pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung.

Dijelaskan Sarundajang, pembangunan jalan tol ini lagi, agak terhambat disebabkan pembebasan lahan. Beberapa contoh, yakni banyak pemilik lahan ternyata tinggal di luar daerah, serta register tanah tak ada.

“Tapi kami terus bekerja keras. Dan akan lebih kerja keras lagi, menyelesaikan pembebasan lahan yang belum selesai,” katanya.

Sementara Menteri PU Djoko Kirmanto mengatakan, pihaknya akan terus mensuport pembangunan tol Manadi Bitung ini, termasuk sejumlah pembangunan mega proyek di Sulut.

“Apapun pembangunan yang akan mensejahterakan rakyat akan kami bantu,” tandasnya.

Di sisi lain, Menteri PU juga memberi apresiasi kepada Menteri Koordinator Perekonomian, yang mendukung pembangunan Tol ManadioBitung, serta pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Bitung.

foto 5

foto bersama Menteri PU, Menteri Perekonomian, Gubernur, Wagub dan Sekdaprov Sulut, usai pelaksanaan groundbreaking pembangunan Tol Manado-Bitung.

Sedangkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung mengakhiri sambutan, mengatakan jika pembangunan tol Manado-Bitung ini sudah layak dilakukan. Hal ini berdasarkan laporan pemerintah daerah dan juga hasil kajian, dimana pembangunan ini demi kepentingan masyarakat.

“Pembangunan tol manado-bitung ini sudah pantas dilakukan. Ini demi mensejahterakan rakyat di daerah Sulawesi Utara,” ungkapnya.

Ditambahkan dia, pembangunan tol di Sulut serta pembangunan KEK di Bitung, akan juga mendukung Sulut sebagai salah satu pusat perekonomian di Indonesia.

“Sebab pemerintah pusat berkeinginan, supaya adanya pemerataan pembangunan di daerah. Ini agar gerak ekonomi masyarakat di daerah, akan lebih maju dan berkembang,” pungkasnya, yang kemudian secara resmi melakukan groundbreaking pembangunan jalan Tol Manado – Bitung, serta penadantanganan prasasti sejumlah proyek di Sulut. (advetorial)

 

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on