Hindari Hama Tungro, Petani Mitra Diminta Tanam Padi Serentak

Reporter : | 17 Oct, 2014 - 14:55 WITA

RATAHAN, (manado24.com)-Tahun 2014 ini puluhan sawah di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) gagal panen akibat serangan Hama Tungro. Untuk itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perternakan Mitra Ir Jhony Ronsul MEng meminta kepada petani agar penanaman padi dilakukan secara serentak.

”Petani padi sawah harus melakukan penanaman secara serentak, agar tak lagi terjadi gagal panen,” kata Ronsul Kamis (16/10/2014).

Dia berharap, dengan kejadian yang dialami petani di Touluaan, petani harus mengikuti saran disampaikan yakni melakukan penanaman secara serentak untuk meminimalisir terjadinya gagal panen dan tidak diserang oleh hama wereng maupun tungro.

“Saya berharap petani dapat melakukan penanaman secara serentak, agar tidak terjadi lagi gagal panen akibat diserang hama tungro dan wereng,” pintanya.

Sementara sejumlah petani di perkebunan Talun Kecamatan Touluaan mengungkapkan, tahun ini mereka mengalami kegagalan panen, karena diserang hama tungro. “Memang di wilayah perkebunan kami banyak petani yang tidak melakukan penanaman secara serentak,” ujar Obet, petani di Touluaan .

Dia mengakui, kalau tahun lalu, sawahnya biasa menghasilkan 15 karung, tapi kali ini hanya bisa mendapatkan hasil dengan tiga karung padi. “Dengan hasil ini, kami sangat merasakan rugi karena hasilnya tidak sesuai dengan harapan,” tandasnya. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on