Dilanda Kemarau, Stok Pangan di Sulut (masih) Aman Hingga Desember

Reporter : | 19 Oct, 2014 - 03:33 WITA

SULUT, (manado24.com) – Walaupun beberapa bulan terakhir Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menjadi salah satu wilayah di Indonesia yang dilanda kemarau, namun stok pangan untuk warga di Bumi Nyiur Melambai, aman hingga akhir bulan Desember 2014 nanti.

“Memang ada kekhawatiran stok pangan kita. Namun, persediaan beras masih bisa sampai Natal dan Tahun Baru 2015 mendatang,” demikian disampaikan Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Sulut Ir. Sandra Moniaga.

Dijelaskan dia, stok beras hingga Desember 2014 ini, surplus sebanyak 10 ribu ton dari kebutuhan bulanan sebanyak 27 ribu ton.

“Stok ini disuplai dari Bulog, dan 71 titik lumbung padi dari 13 Kabupaten penghasil beras di Sulut. Selain itu, cadangan pangan pemerintah di Bulog, sebanyak 71 ton,” terang Moniaga.

Disisi lain, Mantan Kepala BKD Sulut ini menyatakan, ancaman kekeringan akibat kemarau ini, menjadi salah satu perhatian khusus Pemprov Sulut.

“Berbagai antisipasi kemungkinan buruk akibat kemarau sepertihalnya gagal panen, kami telah mengusulkan adanya diversifikasi tanaman pangan local, contohnya umbi-umbian, pisang, dan tanam lain yang bisa tahan panas,” tandas Moniaga. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on