AKD DPRD Minahasa Tenggara Terbentuk

Reporter : | 21 Oct, 2014 - 14:10 WITA

Lasut Sebut Cacat Hukum

RATAHAN, (manado24.com) – Akhirnya Alat Kelengkapan Dewab (AKD) DPRD Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) terbentuk. Ini disampaikan pada Rapat Paripurna yang dilaksanakan Senin (20/10/2014) kemarin.

Paripurna itu sendiri berlangsung alot dan disertai banyak interupsi sehingga beberapa kali harus diskors. Wakil Ketua Dekab Mitra Tonny H Lasut AmTm, yang juga personil Fraksi Partai Golkar (FPG), mempertanyakan jumlah 4 personil yang ditempatkan Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (FPDIP) di Bangar, yang semestinya hanya 3 personil.

Dijelaskannya, dalam hitung-hitungan proposional 3 kursi kursi untuk 1 anggota dewan, dan FPDIP hanya memiliki 8 anggota dewan.

“Kenapa harus empat personil? Semestinya hanya 3, ini cacat hukum! karena pembagian alat kelengkapan dari fraksi tidak proposional. Kita harus mengacu pada PP 16 tahun 2010 dan Tatib,” tandas Lasut, ketika sidang sementara berjalan.

Sementara Fraksi Restorasi (Gabungan) dan Fraksi Partai Demokrat (FPD), menurut Fanly Mokolomban dari Fraksi Restorasi, tidak mencapai kesepakatan untuk mendapatkan 1 kursi plus di Banggar, karena kedua fraksi ini yang bisa mendapatkan itu, jika kembali pada hitung-hitungan proposional tadi. Namun akhirnya kedua fraksi tersebut mengembalikannya kepada F-PDIP, sehingga kembali menempatkan 4 personilnya di Banggar.

“Jadi kami Fraksi Restorasi tidak menemui kata sepakat dengan F-PD dan bersama F-PD sepakat untuk mengembalikan kursi plus ke F-PDIP,” ungkap Fanly Mokolomban.

Ketua DPRD Mitra Drs Tavif Watuseke mengatakan bahwa apa yang dilakukan sudah sesuai mekanisme dan aturan jadi sudah tidak masalah. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on