Pagelaran Seni Budaya Nusa Utara Hentak TMII

Reporter : | 23 Oct, 2014 - 12:07 WITA

JAKARTA, (manado24.com) – Pagelaran seni budaya Nusa Utara, hentak Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Kegiatan yang dilaksanakan sejak Rabu (22/10/2014) malam, dibuka Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR, Djouhari Kansil MPd.

Dalam sambutannya, Kansil menyatakan jika seni budaya Nusa Utara merupakan kebanggan Sulut. Oleh karena itu, lewat kegiatan ini diharapkan menjadi momentum seluruh warga Nusa Utara, untuk menjaga, melestarikan, dan memantapkan budaya lokal.

“Budaya budaya nusa utara merupakan salah satu potensi budaya yang mempengaruhi perkembangan daerah. Untuk itu, budaya harus dilestarikan, dijaga, dan dikembangkan, agar tetap terpelihara dan dikenal dunia luar,” ujar Kansil.

Lanjutnya, seluruh komponen warga Nusa Utara diharapkan menjaga industri budaya nusa utara, yang memikiki kobtribusi besar terhadap pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

“Seni budaya nusa utara menjadi benteng perlindungan, penyaring, bagi masuknya budaya asing yang tak sesuai dengan karakter budaya bangsa Indonesia terutama Sulawesi utara. Untuk itu, mari kita pegang dan pertahankan historikal daerah ini, karena tiga kabupaten yang ada di Nusa Utara yakni Sangihe, Sitaro dan Talaud mampu secara bersama menjunjung nilai budaya daerah,” terang Kansil.

Seperti diketahui, pagelaran seni budaya yang diprakarsai Pelka Kaum Bapak GMIST dan Forum Komunikasi Nusa Utara ini, akan berlangsung hinga Sabtu 25 Oktober 2014, dengan menampilkan produk unggulan Nusa Utara, temu pakar ketahanan pangan serta pemaparan panelis tentang perspektif ekonomi kerakyatan Nusa Utara, festifal paduan suara, masamper, gelar music bambu dan rentak tari kolosal.

Turut hadir dalam acara pembukaan itu, Wakil Ketua TP. PKK Sulut Ny. Meike Kansil Tatengkeng, Bupati Kabupaten Sitaro, Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Sangihe, Wakil Walikota Manado, dan sejumlah tamu undangan lainnya. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on