Pemkab Mitra Akan Tutup Akses Jalan Penambang di Ratatotok

Reporter : | 25 Oct, 2014 - 22:55 WITA

kebun raya ratatotok

Jalan di lokasi kebun raya Ratatotok yang juga digunakan menuju lokasi tambang

RATAHAN, (manado24.com) – Pemkab Minahasa Tenggara (Mitra) akan menutup akses jalan penambang di lokasi tambang Ratatotok. Hal ini ditegaskan Bupati Mitra James Sumendap SH.

Menurut dia, akses jalan yang digunakan penambang ke lokasi tambang, akan dibangun Kebun Raya Mitra.

“Ruas jalan eks tambang PT Newmont Minahasa Raya (NMR) yang nantinya akan dijadikan akses jalan untuk kawasan Kebun Raya, akan ditutup untuk para penambang menuju ke lokasi tambang yang berada disekitar lokasi kebun raya tersebut,” tegas Sumendap.

Dijelaskannya, ruas jalan tersebut tak bisa digunakan lagi para penambang, karena status tambang di sekitar lokasi kebun raya adalah ilegal.

“Ada tanah pasini dan tanah negara, jadi selama status tidak dirubah mereka adalah penambang illegal. Apalagi ada yang masuk kawasan hutan produktif,” tandas Sumendap.

Lanjut dia, di zona tambang besar, tambang kecil, dan tambang rakyat, pemerintah nantinya akan melihat lokasi untuk tambang rakyat menjadi Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR).

Disinggung terkait adanya perusahan yang memohon ijin untuk dilakukan pelepasan wilayah, dan memohon ijin fasilitas jalan untuk memobilisasi alat mereka untuk melewati kawasan kebun raya, menurut Sumendap masih akan dikaji lewat instansi terkait.

“Kita akan melihat itu. Sebab kebun raya ini menjadi mimpi kita bersama. Meskipun kita mungkin tak akan menikmatinya, namun akan menjadi sebuah cerita bagi anak cucu kita,” pungkasnya. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on