Pemkab Minahasa Tenggara Salurkan Bantuan Sosial kepada Nelayan

Reporter : | 26 Oct, 2014 - 16:27 WITA

RATAHAN, (manado24.com)- Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Jumat (24/10/2014) menyerahkan paket bantuan sosial dalam rangka merealisasikan program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan kepada para nelayan, kelompok pembudidaya, pengolah hasil perikanan dan garam rakyat.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Minahasa Tenggara Ir George Ruata ME, menyerahan paket secara simbolis yang diserahkan Sekda Ir BA Tinungki, mewakili bupati.

”Ke depan, penerima Bansos ini diharapkan berperan sebagai asset komunitas masyarakat yang mandiri dan lebih partisipatif untuk meningkatkan produksi perikanan tangkap dan budidaya di daerah kita ini,” kata Tinungki.

Pemeritah lanjutnya, berada di depan untuk memberikan kemudahan dalam kaitan pemberdayaan masyarakat serta membimbing dan membina Pokdatan, KUB, sehingga ke depan menjadi lebih mandiri, professional dan memiliki mitra kerja yang luas

Sementara, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Minahasa Tenggara (Mitra) Ir George Ruata ME menambahkan, ini juga untuk mendukung program Samisade tahun anggaran 2014 melaui Dinas Kelautan dan Perikanan sebagai bagian dari DAK.

Total dana DAK sebesar Rp6.543.559.000, untuk bantuan hibah (Bansos) sebesar Rp5.256.559.000.

Penerima  bantuan perahu pelang 22 KUB, penerima alat bantu penangkapan ikan berupa rumpon 10 KUB, penerima bantuan sarana perbenihan unit perbenihan rakyat 6 UPR.

Kemudian, penerima paket percontohan budidaya rumput laut 3 kelompok, penerima paket percontohan budidaya ikan di karamba jarring apung 10 kelompok, penerima paket percontohan budidaya ikan di kolam 6 Pokdakan, penerima paket bantuan benih ikan kuwe dan kerapu 2 Pokdakan, penerima Bansos jalan produksi 3 desa, penerima paket bansos jalan pesisir 1 desa dan penerima bantuan perahu dan peralatan pengawas 1 Pokmawas. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on