Pemkab/Pemkot di Sulut Diminta Fungsikan Peran FKSM

Reporter : | 29 Oct, 2014 - 19:50 WITA

SULUT, (manado24.com) – Pemerintah Kabupaten dan Kota di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) diminta untuk meningkatkan peran dan fungsi Forum Komunikasi Swadaya Masyarakat (FKSM). Pasalnya, forum ini bisa memberikan informasi ke pemerintah daerah, guna mendeteksi gejala-gejala yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban di masyarakat (kamtibmas) serta bisa menjadi organisas kemasyarakatan dalam menjaga keamanan lingkungan.

“Peran dan fungsi forum komunikasi swadaya masyarakat, sebaiknya harus ditingkatkan lagi. Hal ini supaya bisa membantu pemerintah, dalam mendapatkan informasi terkait sutuasi dan kondisi di masyarakat,” ujar Sekdaprov Sulut Ir. Siswa Rahmat Mokodongan, dalam kegiatan Pelatihan Pengendalian Keamanan dan Kenyamanan Lingkungan Tahun 2014, yang diselenggarakan Badan Kesbangpol Sulut, Rabu (29/10/2014).

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Hotel sutan Raja Minahasa Utara (Minut) itu, Mokodongan sekaligus menjadi nara sumber dan membawakan materi tentang peran Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat, dalam penyelenggaraan Pemerintahan di daerah.

“Peran kedudukan dan kewenangan gubernur, tak terlepas dari konsepsi pemerintahan secara keseluruhan. Sebab, pemerintahan daerah merupakan sub system dari pemerintahan Negara sehingga system pemerintahan hanya akan berfungsi jika sub-sub system ada terintegrasi dan saling mendukung dan tak berlawanan,” kata Mokodongan dalam materinya.

Lanjut dia, kontruksi perwakilan yang menempatkan provinsi sebagai daerah otonom sekaligus sebagai wilayah administrasi, mengimpliklasikan bahwa antara provinsi dengan kabupaten/kota ada hubungan hirarkis satu sama lain, baik dalam arti status kewilayahan maupun dalam system dan prosedur penyelenggaraan pemerintahan.

“Oleh karena itu, Kabupaten dan Kota juga dibentuk dalam landasan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesi yang diikat oleh wilayah provinsi,” tadas Mokodongan.

Sementara Kepala Kesbangpol Sulut Gun Lapadengan SH melalui laporan panitia pelakasana Drs. Mesak Kombongkila MSi yang mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk menyampaikan visi, misi dan persepsi, guna menyatukan langkah dalam menyikapi perkembangan situasi kamtibmas.

“Kegiatan ini untuk mewujudkan stabilitas daerah yang kondusif, dan untuk meningkatkan wawasan akan teknik pengendalian keamanan di daerah,” pungkasnya. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on