74 Perusahaan Ambil Bagian di Job-Fair Disnakertrans Sulut

Reporter : | 29 Oct, 2014 - 20:40 WITA

Job-Fair Disnakertrans Sulut

Wagub Kansil didampingi Kadisnakertrans Sulut ketika meninjau pelaksanaan job-fair

SULUT, (manado24.com) – Sebanyak 74 perusahaan dan kelompok pengrajin pengusaha kecil di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), ambil bagian dalam pelaksanaan pameran Bursa Kerja (Job Fair) yang dilaksanakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Pemprov Sulut, di kawasan Mega Mas Manado.

Kegiatan yang aka berlangsung selama dua hari ini, dibuka Wakil Gubernur Sulut DR. Djouhari Kansil MPd, didampingi Kepala Disnakertrans Sulut Edwin Roring SE, Rabu (29/10/2014).

“Saya memberikan apresiasi atas kegiatan ini, yang menjadi juga gerakan penanggulangan pengangguran di Sulut, dan sebagai persiapan era perdagangan bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA,red) yang dimulai Tahun 2015 mendatang,” ujar Kansil.

Lanjut dia, melihat tingginya antusiasme maupun respons masyarakat terhadap pelaksanaan kegiatan ini, diharapkan Dinsnakertrans lebih memaksimalkan peran dan fungsi dari Balai Latihan Kerja (BLK) sebagai wadah pencetak calon-calon tenaga kerja yang berkualitas.

“Indikator keberhasilan pembangunan ekonomi, bisa dilihat dari rendahnya tingkat pengangguran. Oleh karena itu, perlu diberikan perhatian khusus terhadap peran dari balai latihan kerja, sebab melalui perannya, akan member jawaban kita untuk mempersiapkan para generasi muda Sulut untuk siap bersaing menghadapi MEA nanti,” tandas Kansil.

Ditambahkannya, Pemprov Sulut juga akan terus berupaya menanggulangi angka pengangguran didaerah ini, dengan mengoptimalkan berbagai program seperti pemberdayaan masyarakat melalui perluasan akses sarana dan prasarana ekonomi, pemanfaatan tehnologi padat karya dan tepat guna, serta pengenalan informasi pasar dan permodalan, pengembangan ekonomi lokal melalui peningkatan usaha kecil/menengah, pengembangan jaringan kerja produksi, pengolahan dan pemasaran, dan pengembangan kewirausahaan melalui program diklat untuk menciptakan SDM yang mandiri dan mampu mengembangkan usaha pemula.

Sementara Kepala Disnakertrans Sulut Edwin Roring SE mengatakan, dalam job fair ini dibuka lowongan kerja dan akan menerima 5237 pencari tenaga kerja (Pencaker) baru.

“Perusahaan yang ambil bagian, diantaranya perusahan swasta yang bergerak dibidang perhotelan, Perbankan, Rumah Sakit, pembiayaan/Finance, dan pelaksana penempatan tenaga kerja Indonesia swasta,” terangnya.

Sedangkan saat membacakan sambutan tertulis Dirjen Bina Penta, Roring menyebutkan secara nasional jumlah pengangguran sejak Februari 2014 mencapai 7,15 Juta jiwa atau sekitar 5,70 persen.

“Tingginya angka pengangguran ini, merupakan dampag dari tak seimbangnya jumlah pencaker dengan lapangan kerja produktif yang tersedia, serta akibat krisis keuangan global yang masih terjadi, dan kesiapan dalam menghadapi bonus eemografi yang diperkirakan akan terjadi pada Tahun 2020 mendatang,” kata mantan Kepala Satpol PP Sulut ini, sembari menambahkan kegiatan jib-fair ini sangat penting dilaksanakan. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on