Pemkab/Pemkot di Sulut Diminta Seriusi Masalah Administrasi Kependudukan

Reporter : | 30 Oct, 2014 - 10:46 WITA

SULUT, (manado24.com) – Sekdaprov Sulawesi Utara (Sulut) Ir. Siswa Rahmat Mokodongan, menegaskan supaya pemerintah Kabupaten/Kota di daerah ini, untuk lebih serius menangani masalah kependudukan.

“Pemerintah di kabupatan dan kota khususnya dinas kependudukan dan catatan sipil, supaya lebih serius urus masalah administrasi kependudukan, apalagi soal dokumen hingga kelengkapan data penduduk di setiap daerah,” ujar Mokodongan.

Dijelaskan dia, Pemerintah saat ini fokus untuk perencanaan dan pelaksanaan program dan kegiatan penataan administrasi kependudukan. Oleh karena itu, perlu kesadaran dan tanggungjawab aparat pemerintah dalam bidang kependudukan dan pencatatan sipil, dalam meningkatkan peran dan fungsi serta kemampuan teknis aparat pemerintah.

“Penduduk merupakan modal utama dan faktor dominan pembangunan. Perkembangan kependudukan harus mendapatkan perhatian khusus dalam kerangka pembangunan. Sebab, pembangunan kependudukan pada dasarnya ditunjukan untuk keberlangsungan kehidupan manusia,” ingat Mokodongan.

Ditambahkan dia, luasnya cakupan masalah kependudukan menyebabkan pembangunan kependudukan harus dilakukan secara lintas sektor dan lintas bidang.

“Koordinasi dan menyamakan pemahaman yang sama mengenai konsep perkembangan kependudukan, perlu ditindaklanjuti dengan langkah tindak strategis terkait pemantapan administrasi kependudukan, termasuk peran dan fungsi serta kemampuan aparat dalam membina aparat kabupaten dan kota di bidang kependudukan dan pencatatan sipil,” pungkasnya. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on