Satu Suara Hasil Pemilu 2014 di Tomohon Dihargai Rp9.246,53

Reporter : | 31 Oct, 2014 - 17:32 WITA

TOMOHON, (manado24.com) – Satu suara hasil Pemilihan Legislatif 2014 di Kota Tomohon dihargai Rp9.246.53. Ini sebagai bantuan yang diberikan kepada Partai Politik (Parpol) yang memproleh kursi di DPRD Tomohon.

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Drs Wendy Karwur MAP pada Koordinasi Forum-Forum Diskusi Politik yang dilaksanakan di Aula Badan Kesbangpol Tomohon Jumat (31/10/2014).

Angka tersebut diperoleh dari jumlah bantuan tahun 2008 yakni Rp390.000.000 dibahagi 42.178 atau suara partai yang mendapatkan kursi di Pemilu 2014.
Perhitungan bantuan tersebut berdasarkan Pasal 7 dan 8 Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 24 Tahun 2009.

”Ya jumlah bantuan bersumber dari APBD tahun anggaran sebelumnya dibagi dengan jumlah suara hasil Pemilu periode sebelumnya,” jelas Karwur.

Bantuan itu sendiri, sesuai Pasal 9 PP Nomor 83 tahun 2012 digunakan sebagai dana penunjang kegiatan pendidikan politik sekurang-kurangnya 60 persen dan sisanya untuk operasional Sekretariat Partai Politik.
Penerima bantuan terbesar adalah Partai Golkar. Disusul PDIP, Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Hanura dan terakhir Partai Nasdem.

Sementara Kapolres Tomohon AKBP Ratna Setiawati SH mengatakan, Parpol harus menggunakan bantuan tersebut sesuai peruntukan.

”Jika didapati disalahgunakan atau tidak sesuai dengan peruntukan, tentunya akan berhadapan dengan hukum,” katanya.

Kegiatan tersebut dihadiri utusan Partai Politik yang memiliki kursi di DPRD TOmohon masing-masing Partai Golkar, PDIP, Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Hanura serta Partai Nasional Demokrat (Nasdem). (ark)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on