Ketua TPID Sulut: Inflasi Tak Baik Jika Terlalu Rendah Ataupun Terlalu Tinggi

Reporter : | 02 Nov, 2014 - 17:11 WITA

SULUT, (manado24.com) – Ketua Tim Penanggulangan Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Ir. Siswa Rahmat Mokodongan menyatakan, inflasi merupakan fenomena perekonomian yang harus dijaga. Pasalnya, inflasi tak baik jika terlalu rendah, ataupun terlalu tinggi.

“inflasi merupakan fenomena perekonomian yang kompleks, karena adanya dorongan faktor permintaan dan juga faktor penawaran secara umum. Karena itu, inflasi harus terus dijaga dan dikendalikan pada titik aman, dimana tak boleh terlalu rendah dan tak boleh terlalu tinggi supaya tak menimbulkan gejolak dan memicu turunnya pendapatan riil serta mengerus daya beli masyarakat yang dampaknya langsung melambatnya laju pertumbuhan ekonomi,” demikian disampaikan Mokodongan belum lama ini.

Dijelaskan Sekdaprov Sulut ini, perlu disikapi secara cermat dan cerdas juga tepat sasaran oleh segenap stakeholders pembangunan, lewat kerjasama dan koordinasi yang kuat demi stabilnya inflasi.

“Pengendalian inflasi harus secara efektif, termasuk didalamnya pemerintah selaku otoritas fiskal dan pengambil kebijakan sektoral dan Bank Indonesia sebagai penentu kebijakan moneter,” tandas Mokodongan.

Menurut dia lagi, kehadiran Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi (TPI) di level pusat, serta pembentukan TPID, diharapkan bisa menjawab upaya terciptanya sinergitas yang harmonis dan solid, antara seluruh stakeholders demi amannya inflasi.

“Salah satu hal yang perlu dilakukan, yakni dengan mengamankan kecukupan pasokan kebutuhan pokok, menjaga level UMP, dan mengidentifikasikan resiko tekanan inflasi daerah baik dari sisi permintaan dan penawaran, agar dapat meminimalkan gejolak harga,” terangnya. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on