Tahun Depan, Perusahaan di Sulut Wajib Terapkan UMP Rp.2.150.000

Reporter : | 06 Nov, 2014 - 12:24 WITA

SULUT, (manado24.com) – Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) melalui Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan Drs. Sanny Parengkuan, menegaskan supaya seluruh perusahaan di daerah ini, wajib penerapan Upah Minimum Provinsi (UMP) sebesar Rp.2.150.000 per-bulan Tahun 2015 mendatang.

Menurut Parengkuang, penetapan UMP Sulut untuk Tahun 2015 nanti, berdasarkan Peraturan Gubernur Sulut nomor 34 tahun 2014.
“Perusahaan di Sulut wajib menerapkan UMP tersebut,” ujar Parengkuan.

Dijelaskan dia, penetapan UMP Sulut sebesar Rp.2.150.000 ini, dilakukan lewat kajian berbagai faktor, termasuk dipertimbangkan dengan kemampuan perusahaan.

“Dalam kajian itu, melibatkan akademisi, buruh dan pengusaha, serta dewan pengupahan, sehingga gubernur mengambil keputusan terbaik,” terangnya.

Dengan penetapan UMP ini tambah Parengkuan, supaya buruh di Sulut terus meningkapkan kualitasnya atau skill kerja, sehingga bisa bersaing dengan para pencari kerja dari luar daerah.

“Apalagi tahun 2015 nanti memasuki pasar bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Pemprov Sulut tak bisa melarang pencari kerja dari luar untuk masuk ke Sulut. Nah, solusinya, pekerja di Sulut tingkatkan kualitas agar bisa bersaing,” tandasnya. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on