Gratis Urus IUMK di BPPT-PMD Bitung

Reporter : | 07 Nov, 2014 - 08:23 WITA

BITUNG, (manado24.com) – Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi makro dan kecil, Pemerintah Kota Bitung melalui Badan Perizinan Pelayanan Terpadu–Penanaman Modal Daerah (BPPT-PMD) memberikan kemudahan dengan tidak memungut biaya pengurusan Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK).

“Pengurusan IUMK tidak berbayar alias gratis. Tujuannya untuk mendorong para pelaku ekonomi mikro dan kecil di Kota Bitung agar terus berkembang, serta memberikan kepastian hukum terhadap pelaku usaha mikro dan kecil dalam menjalankan usahanya,” jelas Kepala BPPT-PMD Kota Bitung Ir Pingkan Sondakh.

Dijelaskan Sondakh, IUMK ini sendiri merupakan Naskah atau dokumen izin satu lembar, yang didalamnyamemuat empat jenis ijin yakni SITU, SIUP, TDP dan Ijin Gangguan atau HO.

“Sebelumnya izin gangguan berdasarkan peraturan Daerah Kota Bitung nomor 6 Tahun 2011 tentang retribusi jasa usaha, dikenakan retribusi tetapi khusus usaha mikro dan kecil tidak dikenakan biaya biaya,” papar Sondakh.

Pun demikian Sondakh berharap, dengan kemudahan yang diberikan oleh Pemkot Bitung dalam hal pengurusan IUMK gratis, hal ini tentu akan mmberikan dampak bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat pelaku usaha ekonomi mikro dan kecil. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on