Rawung Tegaskan Pemilihan AKD DPRD Minahasa Sudah Sesuai Aturan

Reporter : | 07 Nov, 2014 - 12:36 WITA

TONDANO, (manado24.com) – Ketua DPRD Minahasa James Rawung SH menegaskan, pemilihan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD Minahasa, sudah sesuai aturan yakni Undang-Undang MD3 tentang pemilihan pimpinan dan AKD DPR, DPRD, MPR dan DPD.

Penegasan Rawung tersebut, sekaligus menjawab penolakan fraksi Partai Golkar DPRD Minahasa terkait hasil pemilihan AKD.

“Pemilihan AKD sudah sesuai aturan yang berlaku yang merujuk pada undang-undang MD3 tentang pemilihan pimpinan dan AKD DPR, DPRD, MPR dan DPD. Jadi, kami kira alur pemilihan sudah sesuai dengan aturan. Jika ada penolakan dari fraksi partai Golkar itu adalah hak konstitusi mereka, yang terpenting sudah sesuai aturan yakni 50 persen tambah satu fraksi yang ada di DPRD atau melalui suara terbanyak atau voting,” ujar Rawung.

(BACA JUGA: Fraksi Golkar Minahasa Minta Lakukan Pemilihan Ulang AKD)

Soal pemilihan ulang yang diajukan fraksi Partai Golkar lanjut Rawung, sangat tak mendasar dari mengacu pada aturan yang berlaku. Selain itu, permintaan tersebut terkesan mengada-ada dan tak memiliki dasar hukum yang kuat.

Ia menambahkan, penolakan fraksi Golkar dinilai hanya sesaat, dan seterusnya akan menerima hasil pemilihan sebab sudah sesuai aturan.

“Ada tiga fraksi yang sepakat untuk dilakukan pemilihan AKD, dan artinya sudah melebihi 50 persen tambah satu dari lima fraksi yang ada di DPRD Minahasa,” tandas Rawung. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on