“Abad ke-21 Ini, Jadi Era Kebangkitan Perempuan”

Reporter : | 07 Nov, 2014 - 21:50 WITA

Dari Kegiatan Advokasi PUG  

SULUT, (manado24.com) – Abad ke-21 ini, menjadi era kebangkitan perempuan baik di tingkat daerah, nasional, maupun internasional. Hal tersebut disampaikan Sekdaprov Sulawesi Utara (Sulut) Ir. Siswa Rahmat Mokodongan, dalam pelaksanaan Advokasi Pengarusutamaan Gender (PUG) melalui perencanaan dan penganggaran yang resposnsif gender bagi di Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Sulut, Jumat (7/11/2014).

Menurut Mokodongan dalam kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Peninsula Manado yang diprakarsai Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BP3A) Pemprov Sulut, lewat kegiatan seperti ini, kedepan kiprah kaum perempuan di Sulut akan terus mewarnai pentas pembangunan di Sulut, nasional maupun global.

“Kebangkitan bagi perempuan, bisa dilihat dengan tampilnya para pemimpin perempuan di dunia, maupun di Indonesia baik dalam sektor politik, pemerintahan dan publik,” terangnya.

Disisi lain, Mokodongan mengatakan perjuangan perempuan untuk mendapatkan hak, menjadi isu strategis saat ini. Seperti contoh untuk di Indonesia, pemerintah telah mengagmbarkan secara jelas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) terkait permasalahan mendasar berkaitan dengan pembangunan pemberdayaan perempuan.

“Soal kesenjangan yang terjadi di Indonesia terkait masalah gender, pemerintah mengacu pada Inpres nomor 9 tahun 2000 tentang pengarusutamaan gender dan Kepmendagri nomor 15 tahun 2007 tentang pelaksanaan pengarusutamaan gender. Pemprov Sulut sendiri, akan terus merespon positif berbagai upaya yang diperjuangkan oleh kaum perempuan,” tandasnya.

Mantan Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Sulut itu menambahkan, dalam memantapkan implementasi strategi gender di Sulut, Pemprov Sulut akan meningkatkan peran gender mainstream dengan tujuan peningkatan kualitas hidup dan perlindungan perempuan serta anak.

“Termasuk membangun kemitraan strategi dengan stakeholder, pembangunan, kelembagaan, penguatan kelembagaan serta berbagai upaya produktif lainnya,” ungkap Mokodongan, sembari menambahkan lewat kegiatan ini, kesetaraan gender di Sulut bisa terwujud. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on