Disesuaikan dengan Kementerian, OPD di Pemprov Sulut akan Ditata Ulang

Reporter : | 10 Nov, 2014 - 08:00 WITA

SULUT, (manado24.com) – Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) akan ditata kembali atau disesuaikan dengan Kementerian yang dibentuk Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

“Pembahasan penataannya sudah kita laksanakan sekarang, tinggal proses harus kita diperdakan. Mungkin triwulan pertama tahun 2015 sudah ada,” ujar Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian (Orpeg) Setdaprov Sulut Jemmy Ringkuangan AP, MSi.

Dijelaskannya, dalam penataan disesuaikan fungsi kewenangannya, yakni urusan wajib, urusan pilihan, serta urusan penunjang. Dimana, urusan wajib dan urusan pilihan yang menjadi urusan pemerintahan diwadahi dalam Dinas, sedangkan urusan penunjang berada di Badan.

“Artinya tak ada lembaga teknis daerah lainnya. Tak ada SKPD lagi. Yang ada cuman dua yakni dinas daerah dan badan daerah,” terang Ringkuangan.

Lanjutnya, harus dicermati jika tak semua urusan penyelenggaraan pemerintahan dan urusan penunjang diwadahi oleh satu dinas atau badan. Artinya, untuk lembaga yang tak diwadahi dinas atau badan akan dimasukan di Sekretariat Daerah.

“Artinya ada SKPD saat ini akan dilebur atau disatukan. Contoh, badan perpustakaan yang tak ada urusan pemerintahan, akan dimasukkan di Setda. Tapi kita tunggu tunggu PP 41 tahun 2009 dan penjabaran Undang-Undang ASN tentang penataan kelembagaan organisasi perangkat daerah,” jelas Ringkuangan.

Ditambahkan dia, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota wajib untuk menyesuaikan OPD dengan Kementerian saat ini yang berjumlah 34.

“Ini harus. Dan untuk pemprov Sulut mudah-mudahan di triwulan pertama Tahun 2015, penataannya sudah selesai dilaksanakan. (ton)

 

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on