Pemprov Sulut Sisialisasikan UU Perlindungan dan Pemberdayaan Petani

Reporter : | 12 Nov, 2014 - 20:20 WITA

Undang-undang Nomor 19 Tahun 2013 Akan Jawab Permasalahan Petani di Sulut

sosialisasi UU Nomor 19 Tahun 2013

Kepala Bakorlu dan Kepala Biro SDA Pemprov Sulut, dalam acara sosialisasi UU Nomor 19 Tahun 2013

SULUT, (manado24.com) – Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) mensosialisasikan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2013, tetang perlindungan dan pemberdayaan petani.

Sosialisasi yang dilaksanakan di Ruang WOC Kantor Gubernur Sulut, Rabu (12/11/2014), dipimpin Kepala Sekretariat Bakorlu Sulut Ir. Jefry Senduk didampingi Kepala Biro Sumber Daya Alam (SDA) Setdaprov Sulut DR. Jemmy Kumendong.

Dijelaskan Senduk dalam sosialisasi yang dihadiri Kepala Dinas Pertanian Kabupaten/Kota, Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten/Kota, serta Kepala Bagian Bagian SDA Kabupaten/Kota se- Sulut, kehadiran UU ini akan menjawab permasalahan petani di Sulut, diataranya meningkatnya kecenderungan perubahan iklim, resiko bencana, gejolak ekonomi global, dan sistem pasar yang kerap tak berpihak kepada petani.

“Undang-undang nomor 19 tahun 2013 ini, bertujuan wujudkan kedaulatan dan kemandirian petani, guna meningkatkan taraf kesejahteraan, kualitas, dan kehidupan yang lebih baik. Selain itu, menyediakan prasarana dan sarana pertanian yang dibutuhkan, untuk mengembangkan usaha pertanian,” jelas Senduk.

Lanjutnya, UU 19 Tahun 2013 ini, harus mampu dipahami dengan baik semua pihak yang bergerak di sector pertanian serta stakeholder terkait.

“Apalagi para penyuluh yang bertugas melaksanakan pendampingan kepada petani,” tandas Senduk.

Kepala Biro SDA Sulut DR. Jemmy Kumendong menambahkan, implementasi UU No 19 Tahun 2013 ini, diharapkan menjadi bahan kewenangan instansi terkait yang nantinya dapat duduk bersama membahas secara holistik dan komprehensif apa yang menjadi tugas dan fungsinya masing-masing. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on