Tuntut Hak Kepemilikan lahan Eks Perkebunan, Warga Mangkit Duduki DPRD Mitra

Reporter : | 12 Nov, 2014 - 22:22 WITA

DPRD Minahasa Tenggara

Warga Mangkit ketika diterima Pimpinan DPRD Mitra

RATAHAN, (manado24.com) – Puluhan masyarakat Desa Mangkit Kecamatan Belang, Rabu (12/11/2014) ramai-ramai mendatangi Kantor DPRD Minahasa Tenggara (Mitra) menuntut hak kepemilikan atas tanah negara eks perkebunan di desa tersebut yang dulunya pernah di kelola sejumlah perusahaan.

Dalam menyampaikan aspirasinya ini, perwakilan masyarakat diterima oleh Komisi A bersama pimpinan DPRD serta sejumlah anggota dewan dari Dapil III Kabupaten Mitra.

Rombongan masyarakat Mangkit dipimpin langsung Hukum Tua Desa Mangkit, Simon Aling, mendesak pihak DPRD untuk memfasilitasi proses peralihan hak milik dari pemerintah kepada masyarakat setempat.

“Yang mengelola lahan perkebunan tersebut dengan baik justru masyarakat setempat. Penggarapan lahan sudah dilakukan oleh masyarakat sejak tahun 1985. Pihak perusahaan hanya datang untuk memanen, namun setelah itu ditelantarkan,” keluh hukum tua.

Perusahaana-perusahaan seperti PT Mawali Waya Mangkit dengan luas 160 hektar, PT Kinamang Waya dengan luas 156 hektar, dan PT Nusa Cipta Bakti luas seluas 126,99 hektar sudah habis masa kontrak sejak tahun 2007.

“Memang masih ada satu perusahaan yang kontraknya berakhir tahun 2015 yaitu PT Nusa Cipta Bakti. Namun sampai saat ini lahan yang dikelolanya sudah ditelantarkan dan tidak dikelola lagi dengan baik,” tutur Aling.

Ketua DPRD Mitra Drs Tavif Watuseke didampingi Ketua Komisi A Corrie Kawulusan berjanji akan menindaklanjuti aspirasi masyarakat tersebut dengan melakukan koordinasi melalui instansi terkait.

”Namun kami masih harus menunggu putusan dari Badan Pertanahan Nasional soal status tanah tersebut,” tukas Watuseke. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on