Mitra Tertinggi Angka Kematian Akibat Penyakit Jantung dan Hipertensi

Reporter : | 13 Nov, 2014 - 13:34 WITA

RATAHAN, (manado24.com)- Salah satu provinsi yang tinggi angka kematianya dari penyakit tidak menular (PTM) antara lain penyakit jantung, hipertensi dan diabetes militus, adalah Sulawesi Utara (Sulut). Dan Kabupaten Mitra adalah kabupaten yang tertinggi kematiannya akibat penyakit jantung dan hipertensi.

Hal ini diungkakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dr Rini Tamuntuan saat memberikan laporan pada kegiatan kegiatan pengukuran faktor risiko PTM, dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-50,  Rabu(12/11/2014) kemarin.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui faktor risiko PTM dengan mengukur indeks masa tubuh, pada PNS yang ada di Kabupaten Mitra,” jelas Tamuntuan.

Ditambahkannya, ini juga dalam rangka mengambil bagian, guna memasukkan data dalam rekor MURI, dan kegiatan ini serentak dilaksanakan di seluruh kabupaten/kota, yang ada di provinsi Sulut.

“Karena, penyakit tidak menular berdasarkan hasil riset kesehatan dasar tahun 2013 di Indonesia, lebih tinggi kasus kematian dari penyakit menular. Di mana, Kabupaten Mitra adalah yang tertinggi kematiannya adalah penyakit jantung dan hipertensi,” terangnya.

Sementara itu, Sekkab Ir BA Tinungki MEng, ketika membuka kegiatan tersebut, mewakili bupati menyatakan, hasil Rakernas tahun 2013 memberikan gambaran yang lebih memiriskan untuk Provinsi Sulut pada umumnya. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on