BNPB Gelar Lokakarya Penilaian Kapasitas Lokal PRB di Kota Bitung

Reporter : | 13 Nov, 2014 - 17:43 WITA

BITUNG, (manado24.com) – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BPNB) melaksanakan Lokakarya Penilaian Kapasitas Lokal dalam Pengurangan Risiko Bencana Tahun 2014.

Lokakarya yang dihadiri langsung  Pimpinan BNPB Pusat Dian Agustini dan Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Sulut Jimmi Mokolensang dibuka langsung oleh Sekertaris Kota Bitung Edison Humiang, di Wisma Pelaut, Kamis (13/110.

Humiang dalam pembukaan lokakarya itu memaparkan bahwa pemberian perlindungan bagi penghidupan setiap warga negara merupakan hal yang mutlak untuk dilakukan berdasarkan amanat Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Dimana Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bertanggung jawab untuk melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, termasuk didalmnya perlidungan atas dampak terjadinya bencana.

“Bukanlah masalah yang mudah untuk meminimalisir dampak buruk dari setiap becana yang terjadi, dibutuhkan dukungan sumber daya aparatur dan masyarakat yang memadai, sehingga dengan diselenggarakanya kegiatan ini maka akan mempedomani kita semua untuk mencari solusi serta langkah tepat dan cerdas dalam menangani permasalahan tersebut, “tutur Humiang.

Lanjut dikatakan Humiang, Provinsi Sulawesi Utara termasuk didalamnya kota Bitung adalah daerah yang juga rentan dengan bencana baik dilihat dari segi Geografis, Geologis, Hidrologis maupun Demografis.

“Untuk itu diperlukan upaya strategis dalam memetakan dan memahami ruang lingkup penanggulangan bencana sebagai bagian pembangunan dan pengurangan risiko bencana dalam sektor pembangunan di daerah khususnya kota Bitung,” jelas Humiang sembari berharap lokakarya akan bermanfaat dalam rangka mengurangi risiko bencana, melalui proses review secara berkala terhadap implementasi pengurangan risiko bencana dan upaya-upaya membangun ketangguhan dalam menghadapi bencana.

Diketahui hadir dalam Lokakarya tersebut para Kepala SKPD di jajaran Pemkot Bitung, Tokoh Masyarakat dan Instansi terkait lainnya.(lou)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on