Pengelolaan Keuangan Negara Harus Profesional, Efisien, Transparan dan Bisa Dipertanggungjawabkan

Reporter : | 13 Nov, 2014 - 20:22 WITA

SULUT, (manado24.com) – Pengelolaan keuangan negara, harus profesional, efisien dan transparan, serta bisa dipertanggungjawabkan. Hal tersebut ditegaskan Sekdaprov Sulawesi Utara (Sulut) Ir. Siswa Rahmat Mokodongan, dalam rapat koordinasi pengelolaan keuangan daerah yang diikuti Pemerintah Kabupaten/Kota se-Sulut, di ruang Huyula kantor gubernur Sulut, Kamis (13/11/2014).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Pengelola Keuangan dan Barang Milik Daerah (BPKBMD) Sulut menurut Mokodongan, demi terwujudnya good govemance dalam pengelolaan keuangan negara, harus sesuai peraturan perundang-undangan dan peraturan yang berlaku.

“Pengelolaan keuangan ini, harus diselenggarakan secara profesional, efisien dan terbuka. Kemudian, bisa diperbertanggungjawabkan, sesuai dengan aturan pokok yang telah ditetapkan,” ujar Mokodongan.

Sementara Kelapa BPKBMD Sulut Dra. Olvie Ateng MSi, mengatakan pengelolaan keuangan untuk menjadikan tugas pokok dan fungsi dengan baik, supaya gerak dan kegiatan pemerintahan berjalan seimbang dan terpadu. “Selain itu bisa menjawab kebutuhan publik secara maksimal,” tandas Ateng.

Lanjutnya, lewat rapat koordinasi ini diharapkan memperoleh pemahaman yang jelas tentang bagaimana mengelolah administrasi keuangan, dan secara tepat dan bertanggung jawab.

“Termasuk demi membangun kebersamaan dan kekompakan dalam implementasi pengelolaan keuangan daerah, yang terbingkai dalam aturan dan ketentuan yang berlaku agar Kabupaten/Kota yang sudah memperoleh opini WTP dari BPK RI dapat dipertahankannya. Sedangkan Kabupaten/Kota yang belum mendapat opini WTP, belajar kepada Kabupaten/Kota yang sudah memperoleh opini tersebut,” ujar Ateng.

Ditambahkan dia, rapat koordinasi ini sebagai forum dialog mengevaluasi pengelolaan keuangan daerah, dan sebagai upaya mempertahankan opini WTP dari hasil pemeriksaan BPK RI terhadap laporan keuangan daerah. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on