Pemprov dan Pemkab/Pemkot di Sulut Harus Antisipasi Pertumbuhan Jumlah Penduduk

Reporter : | 13 Nov, 2014 - 23:40 WITA

SULUT, (manado24.com) – Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara (Sulut), harus waspadai pertumbuhan penduduk yang terus bertambah.

“Saat ini, jumlah penduduk dunia terus tumbuh dan berkembang. Ini menunjukkan pertambahan dan pertumbuhan penduduk tetap berlangsung terus. Oleh karena itu, kondisi tersebut harus diantisipasi dengan berbagai upaya pengendalian penduduk, melalui program kependudukan dan pencatatan sipil,” ujar Sekdaprov Sulut Ir. Siswa Rahmat Mokodongan, ketika membuka Bimbingan Teknis Pencatatan Sipil, Pemeliharaan dan Pemanfaatan Data Base Kependudukan serta Pelayanan Pendaftaran Penduduk, yang digelar Biro Pemerintahan dan Humas di Arya Duta Hotel Manado, Kamis (13/11/2014).

Dijelaskan Mokodongan, peningkatan jumlah penduduk termasuk di Sulut, harus diperhadapkan dengan berbagai permasalahan sosial yang sangat kompleks, seperti lahan pertanian, pemukiman warga dan peluang pekerjaan yang semakin sempit.

“Sebab jika tak diantisipasi, akan berdampak pada meningkatnya angka penggangguran dan kemiskinan,” ungkapnya.

Sementara Kepala Bagian Pemerintahan Boslar Sanger SE, menyatakan melalui kegiatan Bintek ini para peserta dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan pengalaman dalam bidang kependudukan dan pencatatan sipil.

“Sekaligus dapat meningkatkan koordinasi dan sinergitas dalam pengelolaan kependudukan dan pencatatan sipil yang ada di Sulut,” tandas Sanger.

Ditambahkan dia, tujuan bimbingan teknis Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Bintek Pemeliharaan dan Pemanfaatan Data Base Kependudukan serta Bintek Pencatatan Sipil Tahun 2014, guna meningkatkan kesadaran dan tanggungjawab aparat pemerintah provinsi dalam membina aparat Kabupaten/Kota, kepada Kecamatan dan Desa/Kelurahan, selanjutnya kepada mayarakat dalam bidang kependudukan dan pencatatan sipil. (ton)

 

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on