Marak, Praktek Ilegal Fishing di Minahasa Tenggara

Reporter : | 14 Nov, 2014 - 13:54 WITA

RATAHAN, (manado24.com) РPerairan  Pantai Tumbak, Ratatotok dan Bentenan Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) memiliki potensi yang besar di bidang perikanan dan kelautan. Bahkan potensi sumber daya laut yang dimiliknya menjadi primadona daerah untuk menarik niat investor datang menggarapnya.

Sayangnya, potensi ini lambat laun terancam punah seiring dengan makin maraknya praktik penangkapan ikan liar atau Ilegal Fishing.

Hal ini pun Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP). Sekretaris DKP Mitraa Dolly Kapahang SIK MSi mengakui bahwa memang hingga sekarang ini, tindakan kriminal dari orang-orang tidak bertanggung jawab ini masih marak terjadi.

“Memang sudah¬† banyak laporan. Usaha untuk melakukan penangkapan pun sudah sering kami lakukan bekerja sama dengan aparat kepolisian. Namun sampai saat ini masih belum berhasil karena saat tiba di lokasi, sering para pelaku sudah tidak ada,” ujarnya didampingi Kepala Bidang Pengawasan Robby Rondo.

Namun hal ini tak meruntuhkan niat pemerintah untuk menjaga ekosistem laut yang terancam rusak. Pihaknya kata dia, akan terus mengupayakan berbagai cara untuk menghentikan perilaku dari sekelompok orang yang tidak bertanggung jawab itu.

Salah satunya dengan membentuk kelompok masyarakat pengawas (Pokmaswas) yang menjadi ujung tombak sebagai pelapor. “Selain itu, salah satu cara agar tindakan mereka terhenti yakni masyarakat diimbau untuk tidak lagi membeli ikan-ikan hasil tangkapan liar ini. Warga juga harus mengetahui ciri-ciri ikan tersebut. Ikan yang didapatkan dengan menggunakan bom matanya putih dan selaput renang di dalam tubuh ikan sudah hancur,” tuturnya. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on