Masuk Daerah Rawan, Warga Mitra Diingatkan Soal Bencana

Reporter : | 16 Nov, 2014 - 20:15 WITA

MANADO, (manado24.com) – Intensitas curah hujan yang cukup tinggi terjadi di daerah Minahasa Tenggara (Mitra) belakangan ini ditambah banyak daerah perbukitan, membuat daerah ini rawan bencana.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mitra sebagai instansi teknis sudah mengambil langkah antisipatif. Papan peringatan waspada bencana pun bertebaran di lokasi-lokasi yang di anggap rawan. “Memang harus diakui bahwa daerah ini sangat berpotensi bencana banjir dan longsor. Makanya pada awal musim penghujan yang terjadi sejak dua pekan silam, kami sudah berkali-kali memberikan imbauan bagi warga yang bermukim di daerah rawan bencana untuk senatiasa waspada,” ungkap Kepala BPBD Mitra, Rohana Nou.

Meski begitu dirinya yakin daerah Mitra akan terhindar dari bencana. Keyakinannya berdasar pada rampungnya sejumlah proyek anti bencana, salah satunya tanggul di Jembatan Lowu. Tanggul dengan tinggi empat meter dan tebal hampir satu meter itu di bangun di sepanjang banataran sungai kurang lebih 120 meter.

“Tanggul itu sebagai benteng bagi masyarakat yang tinggal di daerah bantaran sungai. Pembangunannya sudah selesai dan sudah bisa dimanfaatkan,” kata dia.

Meski begitu, dirinya tetap meminta warga untuk senantiasa waspada. Data BPBD Mitra mencatat, ada sebanyak 19 Desa di 9 Kecamatan di daerah yang tergolong rawan bencana. Enam Kecamatan di antaranya yakni Ratahan Timur, Posumaen, Pasan, Touluaan, Touluaan Selatan dan Ratatotok, masuk kategori daerah rawan longsor.

Sedangkan Kecamatan Ratahan serta Posumaen masuk wilayah rawan banjir, termasuk kecamatan Belang yang letaknya berada di pinggir pantai.

Bencana paling parah dialami Mitra tahun 2011 lalu. Ratusan rumah warga terendam banjir serta beberapa lainnya tertimbun longsor. Belum luput dalam ingatan warga, pada akhir tahun lalu banjir menggenangi sejumlah wilayah di ibukota Kabupaten, Ratahan. (ten)

 

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on