Peran Sektor Pendidikan di Sulut Tingkatkan SDM Harus Ditingkatkan

Reporter : | 18 Nov, 2014 - 17:28 WITA

SULUT, (manado24.com) – Peran sektor pendidikan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dalam rangka mempersiapkan dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), sangat penting. Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Sulut DR. Djouhari Kansil MPd, ketika membuka workshop kepemimpinan pendidikan, yang digelar di hotel Arya Duta Manado, Selasa, (18/11/2014).

Pengembangan sektor pendidikan yang dimaksud Kansil, dimana para Kepala Sekolah dan Guru harus bisa menunjukan kepada dunia seluruh kemampuan dan potensi Sulut melalui anak didik.

“Siapkan sumber daya manusia yang bisa berkomunikasi dengan baik, apalagi menghadapi masyarakat ekonomi Asean tahun depan,” ujar Kansil.

Lanjutnya, tenaga pendidik di Sulut juga, diharapkan terus melakukan inovasi dan kreativitas karakter anak, demi kecerdasan emosional dan intelektual anak.

“Banyak keberhasilan yang masih dan harus diraih Sulut. Oleh larena itu, pemimpin di sekolah harus berkomunikasi dengan baik, membimbing dengan benar, melayani dengan hati, dan bisa mengontrol emosi sebagai pemimpin,” terang Kansil.

Disisi lain, Kansil juga mengingatkan tenaga pendidik di Sulut, harus menguasai komunikasi, untuk membangun karakter anak didik bangsa dalam rangka meningkatkan profesionalitas dalam mengembangkan karya tulis.

“Seorang guru harus mampu menyusun karya ilmiah, yakni buku pelajaran. Selain itu, mampu membuat action research dalam hal metelidogi, strategi dan tema mata pelajaran,” ingatnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Sulut Gemmy Kawatu mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan guna meningkatkan sumber daya manusia pendidik yang ada di Sulut, sehingga mampu memberikan terobosan baru dalam dunia pendidikan.

“Kegiatan ini para pendidik akan diajarkan bagaimana cara berkomunikasi, diantaranya keterampilan berbicara di depan umum, cara berkorespondensi, dan membuat karya tulis yang baik,” ujar Kawatu. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on