Tarif Angkot di Kota Bitung Kemungkinan Naik 28 Persen

Reporter : | 18 Nov, 2014 - 23:23 WITA

BITUNG, (manado24.com) – Kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi dipastikan juga akan berimbas pada kenaikan tarif angkutan kota (Angkot). Di Kota Bitung sendiri, meski belum secara resmi ditetapkan melalui Surat Keterangan (SK) Walikota, diprediksi tarif angkot akan mengalami kenaikan sebesar 28 persen dari tarif sebelumnya Rp 2.900.

“Kemungkinan naik sekitar 28 persen atau menjadi 3500 sampai 3700 per penumpang,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Bitung Oktavianus Kandoli, Selasa (18/11) siang tadi.

Keterlambatan penetapan tarif angkot di Kota Bitung, menurut Kandoli, disebabkan karena pihaknya harus menghitung kembali kenaikan tarif. Pasalnya, sebelumnya pihaknya memprediksi kenaikan BBM ini Rp 3,000, namun yang terjadi hanya naik Rp 2000.

“Apalagi kenaikan ini sudah harus disesuaikan dengan 14 komponen diantaranya harga onderdiil, pajak kendaraan, kiur (pengujian kendaraan), harga beli kendaraan, izin Trayek, pajak perkantoran, astek, biaya penyusutan kendaraan, jarak tempu berapa ret setiap hari, suku bunga, gaji sopir, biaya listrik kantor, PBB serta beberapa komponen lainnya,” jelas Kandoli.

Karena itu Kandoli menghimbau warga untuk bersabar menunggu penetapan kenaikan angkutan di Kota Bitung.

“Hari ini jika sudah selesai dibahas kita akan bawa ke Walikota untuk kemudian menunggu SK,” katanya.

Ketika dimintai tanggapan kenaikan tarif sepihak yang kini mulai diberlakukan oleh para sopir angkot, Kandoli menyatakan yang terpenting masih dalam taraf wajar.

“Artinya kenaikan yang kini diberlakukan tidak menyusahkan masyarakat itu masih bisa ditoleransi. Tapi yang pasti setelah SK keluar para sopir angkot harus menyesuaikan tarif angkot tersebut,” pungkasnya. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on