JWS Warning Pejabat di Minahasa soal Ijin Pertambangan dan Galian C

Reporter : | 18 Nov, 2014 - 23:55 WITA

TONDANO, (manado24.com) – Bupati Minahasa Drs. Jantje Wowiling Sajow MSi, memberikan warning kepada para pejabatnya termasuk jajaran Lurah dan Hukum Tua, terkait pengeluaran ijin pertambangan maupun galian C.

“Jangan mengambil jalan pintas untuk pengeluaran ijin, termasuk pembebasan lahannya. Camat yang bersentuhan dengan pengurusan Galian C, harus mengeluarkan ijin berdasarkan aturan yang berlaku,” ujar JWS sapaan familiar Sajow, ketika membuka pelaksanaan Sosialisasi Regulasi tentang Penambangan Bahan Mineral Bukan Logam dan Batuan yang digelar Dinas Energi Sumber daya Mineral (ESDM) Minahasa, di Manado Tateli Beach, Selasa (18/11/2014).

Dijelaskan dia, dalam UUD 1945 pasal 33 ayat 3 ditegaskan Sumber daya alam dikuasai oleh Negara dan digunakan sebesar besarnya untuk kemakmuran rakyat. Oleh karena itu, aparat pemerintah harus lebih selektif mengeluarkan ijin pertambangan dan galian C.

“Dewasa ini orientasi pengelolaan bahan mineral sering mengabaikan kepentingan perlindungan dan keberlanjutan konservasi mineral, sehingga terjadinya kerusakan lingkungan, kurang dihargai hak dan kepentingan masyarakat adat bahkan mengorbankan pembangunan di daerah,” ungkap JWS.

Ditambahkannya, jangan sampai pengeluaran ijin pertambangan dan galian C, memicu ketidakpuasan masyarakat. Sebab, pemerintah dituntut untuk menghasilkan manfaat bagi kepentingan rakyat banyak, berkelanjutan dan kelestarian fungsi lingkungan, konservasi sumber daya mineral dan nilai-nilai budaya setempat.

“Disamping itu usaha pertambangan mineral harus berjalan atas medan dan kesempatan yang sama, transparan, kebebasan pasar, persaingan perdagangan dan investasi secara global,” pungkasnya.

Diketahui, kegiatan ini dihadiri mewakili Kadis ESDM Sulut Ir Meity Polii, Kadis ESDM Minahasa Drs. Donald Wagey MBA, para pejabat Pemkab, para Camat se-Minahasa, para Lurah dan Hukum Tua yang memiliki wilayah pertambangan di Minahasa. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on