Astaga… Nyaris Semua Sekolah di Minahasa Tak Miliki Sertifikat Tanah

Reporter : | 20 Nov, 2014 - 15:25 WITA

TONDANO, (manado24.com) – Pengakuan yang mengejutkan datang dari Kepala Inspektorat Kabupaten Minahasa Frits Muntu S.Sos. Dari sesuai hasil pemeriksaan yang dilakukan pihaknya di ratusan sekolah TK, SD, SMP, SMU/SMK, banyak yang tak memiliki hak milik terutama tanah.

Pasalnya, tanah yang kini berdiri terutama sekolah negeri, masih merupakan tanah hibah dan belum memiliki akte kepemilikan yang sah.

“Baru sekitar 40-an sekolah yang punya akte atau sertifikat, lain dari itu tak jelas siapa pemilik sahnya,” ucap Muntu.

Dikatakan dia, hal ini harus segera diselesaikan guna menghindari klaim kepemilikan dari seseorang yang dulu menghibahkan tanahnya, dan kini tak mengakui lagi status hibah tersebut sebab dokumen yang dimiliki oleh pihak sekolah sangat lemah untuk sekedar bertahan dari akte hibah. Sebab, banyak kasus yang terjadi selama ini, lantaran persoalan hibah yang tak ditindak lanjuti dengan pengurusan sertifikat guna hak kepemilikan secara sah.

Muntu pun meminta, kepada pihak sekolah untuk segera menindak-lanjuti temuan ini, demi menjaga kelangsungan pendidikan disekolah tersebut.

“Kalau hal-hal yang beginian tak bisa di selesaikan maka sangat jelas akan mengganggu proses belajar mengajar,” pungkasnya. (rom)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on