BLH Sulut Akan Periksa IPAL Hotel Sutan Raja

Reporter : | 20 Nov, 2014 - 23:40 WITA

Sutan Raja Hotel

Sutan Raja Hotel yang terletak di Kabupaten Minahasa Utara.

SULUT, (manado24.com) – Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pemprov Sulawesi Utara (Sulut), akan melakukan pemeriksaan terkait Instalasi Pembuangan Akhir Limbah (IPAL) Hotel Sutan Raja, yang terletak di Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

“Pemeriksaan ini akan dilakukan Jumat besok. Sebab dari hasil pemeriksaan sebelumnya, Hotel Sutan Raja sudah pernah mendapat peringatan soal IPAL,” ujar Kepala BLH Sulut Edwin Silangen, melalui Kepala Bidang Penaatan Lingkungan Arfan Basuki SH, Kamis (20/11/2014).

Dijelaskan dia, BLH Sulut terus menajamkan pemeriksaan terhadap puluhan perusahaan yang beroperasi di Sulut. Pemeriksaannya, yakni penggunaan Bahan Beracun Berbahaya (B3) yang menghasilkan Limbah B3, Instalasi Pembuangan Akhir Limbah (IPAL), dan aspek lingkungan.

“Pemeriksannya, dilakukan tim terpadu pengawasan dan penegakan hukum, yang dibentuk Pak Gubernur. Pemeriksaan itu  termasuk administrasi perusahaan dan ketenagakerjaan,” terang Arfan.

Lanjutnya, pemeriksaan nanti bukan hanya di Hotel Sutan raja, namun di PT. Sederhana Karya Jaya (SKJ) Tateli terkait pengolahan lingkungan, dan di Dimembe Nyiur Agripro yang memproduksi tepung Kelapa.

“Untuk PT. SKJ karena ada laporan warga sekitar, dimana akibat perombakan hutan sehingga mengakibatkan menurunnya debit mata air di musim kemarau, dan ancaman banjir di musim hujan,” jelas Arfan.

Ia menambahkan, sebelumnya pada Selasa (18/11/2014) lalu, sudah 14 perusahaan yang diperiksa. Pada Rabu (19/11/2014) dan Kamis (20/11/2014) bertambah 4 perusahaan, dan Jumat (21/11/2014) besok, tim akan turun memeriksa di 3 perusahaan. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on