Moratorium Kapal Diatas 30 GT Dinilai Mematikan Usaha Perikanan Di Kota Bitung

Reporter : | 22 Nov, 2014 - 11:35 WITA

BITUNG, (manado24.com) – Adanya kebijakan pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan melakukan moratorium perijinan terhadap Kapal diiatas 30 Gross Ton (GT), dinilai para pelaku usaha Perikanan di Kota Bitung, adalah kebijakan yang menghalagi usaha dan industry perikanan serta mematikan kesejahteraan rakyat kecil.

“Moratorium ini akan berdampak pada penutupan pabrik, hengkangnya para investor,  pemutusan hubungan kerja, dan yang terburuk adalah akan terjadi pengangguran,” ujar John Dumais salah satu pelaku usaha Perikanan di Kota Bitung.

Apalagi menurut kata Dumais, sebagian besar perusahaan pengolahan ikan ataupun pabrik pengeksport di Kota Bitung menggunakan bahan baku berasal dari kapal ikan diatas 30 Gross Ton. Demikian pula halnya Kapal Perikanan jenis Pole and Line atau Pancing Cakalang milik pengusaha menengah berkapasitas 30 GT.

“Yang harus dilakukan Kementerian Kelautan dan Perikanan adalah meningkatkan pengawasan dan penjagaan di daerah-daerah perbatasan agar tidak terjadi illegal fishing,” saran mantan Ketua Komisi I DPRD Provinsi Sulawesi Utara periode 2009-2014 ini.

Terpisah, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Bitung Lisje Macawalang ketika dimintai tanggapan terkait moratorium perizinan Kapal diatas 30 GT mengatakan  saat ini pihaknya masih menunggu edaran dari pemerintah pusat dan belum menerima moratorium yang dimaksud.

“Namun yang pasti pemerintah mengeluarkan aturan ini pasti telah melalui berbagai kajian. Dan yang jelas aturan yang nantinya akan dikeluarkan pastinya akan berpihak dan menguntungkan nelayan kecil,” pungkasnya. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on