Walikota Manado dan First Lady Ikuti Hajatan Thanks Giving di Banyuwangi

Reporter : | 23 Nov, 2014 - 16:32 WITA

Diundang Khusus Dubes dan Konjen Amerika

MANADO, (manado24.com) – Ketokohan sosok Walikota Manado DR. G.S Vicky Lumentut tak bisa diragukan lagi. Ini terbukti pada akhir pekan lalu, dari sekian banyak kepala daerah di Indonesia. Walikota Lumentut dan First Lady Ny Prof Juleyta P.A Lumentut Runtuwene, terpilih mendapat undangan khusus dari Kedutaan Besar Amerika untuk Indonesia di Jakarta dan Konsul Jenderal AS di Surabaya guna menghadiri hajatan ungkapan syukur warga Amerika yang dikenal dengan sebutan Thanks Giving dan kali ini menjadi tuan rumah adalah Kabupaten Banyuwangi (Jawa Timur) tepatnya di pendopo rudis Bupati Banyuwangi.

Dari pantauan, Lumentut dan Ny Paula saat menghadiri jamuan makan malam Thanks Giving tersebut, diberi tempat kursi dan semeja dengan Konjen AS di Surabaya, Mr Joaquin F Monserrate, sekaligus mendapat pelayanan dan demonstrasi tentang cara memasak serta disajikan makanan khas Thanks Giving berupa Kalkun dari Dubes AS untuk Indonesia, Mr Robert O Blake.

“Ini makanan tradisional warga Amerika ayam Kalkun, selamat menikmati Pak Walikota Manado,” kata Dubes Blake kepada Walikota GSVL dan Ny Paula.

Menerima sajian yang tergolong unik dan spesial itu, Walikota GSVL dan Ny Paula terlihat sangat menikmati akan suasana kekeluargaan yang disuguhkan ala negeri Paman Sam tersebut.

“Ini hajatan tradisional yang luar biasa positif dilakukan warga Amerika, untuk memupuk ikatan kekeluargaan. Kita juga di Manado sebenarnya ada yakni aksi Mapalus, baik itu acara suka maupun duka. Jadi itu harus dipertahankan, dan dilestarikan agar penerus atau generasi akan datang bisa mengenal dan mempraktekkannya,” ujar Lumentut.

Dalam kesempatan itu, Dubes Blake menjelaskan tentang sejarah serta pengalaman Thanks Giving mereka warga Amerika. Dimana, Thanks Giving mencerminkan nilai toleransi. Dan itu seperti yang di lakukan saat ini, antara AS dan Indonesia. Perayaan ini untuk menunjukkan pentingnya Diplomasi people to people.

“Amerika dan Indonesia telah menikmati hubungan bilateral luar biasa yang dibangun atas dasar kesamaan nilai dan kepentingan, kami berharap dengan merayakan Thanks Giving disini, kami dapat berbagi nilai-nilai ini serta mengungkapkan rasa syukur kami untuk kemitraan yang lebih kuat di waktu yang akan datang,” ungkap Dubes Blake.

Turut hadir dalam Thanks Giving tersebut, Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya, Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, Bupati Minahasa, Drs Jantje W Sajow dan sejumlah undangan khusus walikota dan bupati lainnya.

Di akhir acara, tak lupa First Lady Kota Manado, Prof Paula Lumentut Runtuwene memberikan cenderamata atau souvenir kepada istri Dubes AS untuk Indonesia, Mrs Robert O Blake, istri Konjen AS di Surabaya Mrs Joaquin  Monserrate, istri Menteri Pariwisata Ny Arief Yahya, dan istri Bupati Banyuwangi, Ny Azwar Anas berupa Kaeng Manado dan sejumlah produk unggulan Pemerintah Kota Manado saat ini.

Adapun acara Thanks Giving atau Hari Bersyukur di Amerika Serikat merupakan waktu untuk berkumpul dengan keluarga dan handai taulan, berbagi makanan tradisional, serta mengucapkan syukur untuk semua hal yang baik dalam hidup. Dan dirayakan setiap Kamis ke empat pada bulan November, serta sejarah perayaan Thanks Giving bermula dari Festival panen raya yang berkatnya dirasakan luar biasa oleh warga AS sejak era tahun 1620 tersebut. (su)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on