Pemprov Sulut Rapat Tindak Lanjut Persiapan Pembentukan DOB

Reporter : | 25 Nov, 2014 - 21:55 WITA

SULUT, (manado24.com) – Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) dibawa pimpinan Sekdaprov Ir. Siswa Rahmat Mokodongan, menggelar rapat tindak lanjut persiapan pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Sulut.

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang rapat Mokodongan di kantor gubernur, Selasa (25/11/2014), turut dihadiri Bupati Bolaang Mongondow Utara, Wakil Walikota Kotamobagu, Panitia pembentukan DOB, dan Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Sulut Dra. Lynda Watania MM MSi.

Menurut Mokodongan dalam kesempatan itu, Pemprov Sulut dibawa Pimpinan Gubernur Sulut DR. S. H. Sarundajang dan Wagub Sulut DR. Djouhari Kansil MPd, sangat mendukung penuh pembentukan DOB yang telah diusulkan beberapa waktu yang lalu ke Kementrian Dalam Negeri dan DPR RI, walaupun sampai saat ini sementara menunggu hasil pengesahan dari DPR RI untuk dijadikan Undang-Undang sebagai DOB.

“Berdasarkan Surat Presiden Republik Indonesia No.R.66/Pres/12/13 tanggal 27 Desember 2013 perihal 65 RUU tentang pembentukan Provinsi/Kabupaten/Kota, hanya disetujui empat DOB di Provinsi Sulawsi Utara yaitu Provinsi Bolaang Mongondow Raya, Kab. Kepulauan Talaud Selatan, Kata Langowan dan Kota Tahuna yang masuk dalam proses pembahasan RUU (Rancangan Undang-Undang). Sedangkan lima DOB yaitu Provinsi Perbatasan Nusa Utara, Kabupaten Minahasa Tengah, Kabupaten Bolmong Tengah, Kabupaten Kepulauan Sangihe Selatan, dan Kota Melongguane yang telah diusulkan akan menyusul,” ujar Mokodongan.

Kata dia, Pemprov Sulut mengharapkan target pengesahan dan pembentukan empat DOB, dilakukan Bulan Maret Tahun 2015 nanti.

“Tapi perlu topangan dan doa dari segenap elemen masyarakat Sulawesi Utara. Baik pemerintah kabupaten/kota maupun panitia pemekaran, agar ada kekompakan dan bersama-sama berjuang dengan melakukan lobi dan pendekatan yang santun kepada pimpinan partai politik dan anggota DPR RI karena maksud pembentukan DOB ini sebagai wujud pendekatan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Mokodongan. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on