Minahasa Tenggara Segera Miliki Fasilitas Laboratorium Kesehatan Ternak

Reporter : | 25 Nov, 2014 - 22:58 WITA

RATAHAN, (manado24.com) – Warga masyarakat Kabupaten Minahasa Tenggara  (Mitra), lebih khususnya mereka yang memiliki hewan ternak, tak perlu jauh-jauh lagi ke luar daerah untuk memeriksakan kesehatan ternaknya.

Bulan Desember 2014 ini, Mitra akan segera memiliki Laboratorium  Kesehatan Ternak sendiri. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Mitra Ir Elly Sangian MM.

Menurutnya, seluruh jenis hewan ternak dapat diperiksa di laboratorium  tersebut dan untuk hewan yang terinfeksi rabies juga bisa diperiksa di situ.

“Anggaran pembangunannya dari provinsi, sebesar Rp197 juta. Dan dari Pemkab Mitra melalui dinas yang menyiapkan alat-alat penunjang lab,” ungkap Sangian, Selasa (25/11/2014).

Lanjut Sangian, masyarakat yang memiliki hewan ternak, tak perlu lagi memeriksa hewan ternaknya ke luar daerah. “Nanti akan disiapkan segala fasilitas alat-alat  penunjang lainya dan kita anggarakan di tahun 2015, sehingga tak perlu lagi ke luar daerah memeriksakan hewan ternaknya,” tandasnya.

Sementara itu, selain sarana penunjang, tenaga kesehatan juga dipersiapkan. “Memang sekarang ini baru ada satu dokter hewan. Namun ke depan pasti akan ada penambahan tenaga, menyesuaikan dengan tingkat kebutuhan yang ada,” kata Sangian.

Masyarakat pemilik hewan ternak, menyambut baik dengan pembangunan lab tersebut.

“Ini tentunya sangat baik bagi kami masyarakat pemilik hewan ternak. Karena dapat menghemat biaya keluar daerah, dan ini juga baik bagi kami, agar dapat mengantisipasi penyebarluasan penyakit pada ternak, karena kita sudah bisa langsung membawa hewan ternak yang jaraknya tidak jauh,” kata Jhon Serroh, salah satu pemilik hewan ternak.(ten)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on