Camat di Tomohon Diberi Wewenang Mengurus Izin

Reporter : | 26 Nov, 2014 - 10:54 WITA

TOMOHON, (manado24.com)—Para camat di Kota Tomohon dilimpahkan wewenang untuk mengurus sejumlah perizinan. Ini setelah Selasa (25/11/2014) dilaksanakan launching Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) bertempat di Kantor Kecamatan Tomohon Utara.

Walikota Tomohon, jimmy Eman

Launching PATEN oleh Walikota Tomohon

Wewenang pengurusan izin maupun non perizinan yang dilimpahkan kepada camat diatur dalam Peraturan Walikota Nomor 24 Tahun 2014 tentang Pelimpahan Wewenang Walikota kepada Camat untuk melaksanakan Sebagian Urusan Pemerintahan Daerah.

Perizinan tersebut adalah Izin Gangguan Pangkalan LPG, Izin Gangguan Salon dan Izin Gangguan Gunting Rambut. Sedangan untuk non perizinan, yaitu Rekomendasi Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Rekomendasi Izin Gangguan dan Rekomendasi Kependudukan dan Catatan Sipil.

‘’Dengan begitu,s eluruh perizinan dan non perizinan tersebut sudah bisa diurus di kecamatan yang ada di Kota Tomohon. Tapi, untuk penerbitan perizinan nanti tahun 2015 karena masih menunggu penetapan bendahara penerimaan di kantor kecamatan,’’ujar Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak.

Sementara dalam laporannya, Kabag Administerasi pemerintahan Setdakot Tomohon  F Lantang SSTP mengungkapkan, pendelegasian atau pelimpahan sebagian kewenangan kepala daerah kepada kecamatan adalah salah satu syarat yang merupakan syarat substantif dalam  penyelenggaraan PATEN.

Ini sesuai amanat Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 pasal 126 ayat (2) yang menyatakan bahwa Kecamatan Dipimpin oleh Camat yang dalam pelaksanaan tugasnya memperoleh pelimpahan sebagian wewenang  Bupati atau Walikota untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah.

Di mana  urusan otonomi daerah tersebut sebagaimana diatur dalam PP nomor 19 tahun 2008 tentang Kecamatan terdiri dari perizinan, rekomendasi, koordinasi, pembinaan, pengawasan, fasilitasi, penetapan, penyelenggaraan, serta kewenangan lain yang dilimpahkan.

Launching itu sendiri dihadiri unsur Muspida yakni Kapolres Tomohon AKBP Ratna Setiawati SH, Dandim 1302 Minahasa Letkol Kav Teguh HSusanto,, Kajari Tomohon Muhamad Noor HK SH MHum, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Dr Arnold Poli SH MAP dan para pejabat Pemkot Tomohon, Seluruh Camat dan Lurah se-Kota Tomohon serta tokoh-tokoh agama dan tokoh masyarakat. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on