SHS Berharap Bamag Jadi Sarana Wujudkan Persatuan Umat Kristiani di Indonesia

Reporter : | 26 Nov, 2014 - 22:30 WITA

Munas I Bamag

SHS ketika membuka Munas I Bamag

SULUT, (manado24.com) – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR. Sinyo Harry Sarundajang (SHS), menyatakan Badan Musyawarah Antar Gereja (Bamag), bisa menjadi sarana guna mewujudkan kesatuan dan sebagai sarana persatuan umat Kristiani dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal itu disampaikannya, ketika membuka pelaksanaan Musyawarah Nasional (Munas) I Bamag, di Graha Bumi Beringin Manado, Rabu (26/11/2014).

Dalam kegiatan yang mengangkat tema membangun solidaritas Gereja untuk mempererat kebangsaan, menurut SHS sapaan familiar Sarundajang bisa menjadi sarana untuk terus mengedepankan tri tugas panggilan Gereja yakni bersekutu, bersaksi, dan melayani.

“Gereja harus terus menunjukan peran dalam pembangunan iman, dalam kehidupan bermasyarakat dan berjemaat. Sebab, dinamika dunia saat ini yang mengalami banyak arus pencobaan. Gereja diuji untuk tetap menjadi pilar kerukunan dan kebersamaan yang telah dibangun selama ini,” ujar SHS.

Lanjutnya, lewat pelaksaaan Munas Bamag diharapkan bisa menjadi media pemersatu dalam masalah sara, bamag bisa menuntun gereja untuk bertransformasi dan berbenah diri kearah lebih baik lagi.

“termasuk menyikapi isu popular saat ini yakni pelarangan pembangunan gereja, menjadi pekerjaan rumah bamag yang harus diselesaikan,” tandasnya.

SHS menambahkan lagi, pelaksanaan munas pertama Bamag ini, bisa terjalin komunikasi yang baik antar sesama pemimpin, menyamakan persepsi dalam pemahaman akan tujuan pelayanan Gereja di dunia.

Sementara Wakil Gubernur Sulut DR. Djouhari Kansil MPd, selaku ketua panitia dalam sambutannya, menyatakan Munas ini diselenggarakan guna meningkatkan kehidupan masyarakat warga gereja yang berkualitas, bekerjasama antar pemimpin gereja dan pemerintah dalam memahami kebijakan pemerintah serta pembinaan kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara.

Hadir dalam kegiatan ini, 250 orang dari utusan 33 Provinsi.

Turut hadir dalam kegiatan itu, staf ahli Menteri Agama Abdul Fatah, jajaran Forkopimda Sulut dan Pejabat di lingkup Pemprov Sulut. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on