Kadiv Humas Mabes Polri: Berbedaan Agama Jadi Kekayaan Negara

Reporter : | 27 Nov, 2014 - 20:29 WITA

MANADO, (manado24.com) – Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Drs Ronny Sompie SH, MH, mengatakan perbedaan agama di Indonesia termasuk di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), menjadi kekayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Di Indonesia beberapa agama. Dan di Sulut, terdapat beragam denominasi gereja yang berbeda. Dari satu sisi perbedaan-perbedaan yang ada sebagai satu kekayaan bangsa,” ujar Sompie, ketika memberikan materi tentang Peran Gereja Dalam Memelihara Keutuhan, Kerukunan dan Persatuan Bangsa di hadapan peserta Munas 1 Bamag yang berlangsung di Graha Bumi Beringin Manado, (27/11/2014).

Menurut dia, perbedaan keyakinan beragama, dapat dilihat sebagai kekayaan bangsa dimana para penganut agama saling mengharggai dan menghormati, saling belajar, saling menimbah serta memperkaya dan memperkuat nilai-nilai keagamaan dan keimanan masing-masing.

“Nah, perbedaan itu jangan dipertentangkan, tapi dilihat dan dijadikan sebagai pembanding, pendorong bahkan penguat dan pemurni untuk hidup bersama rukun dan damai sebagai sesama anak bangsa. Karena agama tak boleh dijadikan pemicu konflik dan perpecahan, melainkan dijadikan penunjang perdamaian dan persatuan,” ujar Sompie.

Lanjutnya, dewasa ini ada orang-orang tertentu yang menganggap dan menjadikan agama sebagai dasar atau alasan untuk tak boleh hidup bersama atau harus hidup terpisah, tak boleh berdamai atau rukun dengan orang yang berbeda agama, bahkan ada anjuran untuk memusuhi dan membinasakan penaganut agama lain.

“Mencermati permasalahan itu, kepada umat beragama di Indonesia harus pahami benar tujuan dari wawasan kebangsaan, meningkatkan kekeluarggaan dan persaudaraan sejati antar suku, ras, golongan, daerah dan agama serta kerukunan dan toleransi antar umat beragama maupun suku ras dan golongan,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kabid Humas Polda Sulut AKBP Wilson Damanik. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on