Hasyim Muzadi: Penutupan Gereja tak Dibenarkan

Reporter : | 27 Nov, 2014 - 22:29 WITA

MANADO, (manado24.com) – Mantan Ketua Umum PB NU KH Dr Hasyim Muzadi menegaskan, tak dibenarkan jika terjadi tindakan menutup rumah Ibadah yang kerap terjadi selama ini, khususnya pada Gereja. Penegasannya tersebut disampaikan ketika memberikan materi peserta Munas 1 Bamag, yang diikuti hamba-hamba Tuhan dari berbagai denominasi gereja di seluruh Indonesia, yang digelar di Graha Bumi Beringin Manado, Kamis (27/11/2014).

Menurut Presiden World Conference Religion for Peace (Presiden Konferensi Agama se Dunia untuk perdamaian) ini, prilaku yang dilakukan kelompok-kelompok tertentu selama ini, dianggap bertentangan dengan teologi “lakum dinukum waliyaddin” (bagimu agamamu dan bagiku agamaku).

“Ingat bukan agama yang jelek, tapi nafsu orang yang mengaku beragama yang membuatnya kekacauan. Jadi apapun alasan dan caranya kelompok tertentu menutup rumah ibadah, adalah salah dan tidak diperkenankan dalam ajaran agama. Sebab negara saja mengakui agama-agama yang ada, kenapa harus terjadi tindakan-tindakan yang mengatasnamakan agama, lalu mengorbankan agama lain,” ujar Muzadi.

Kata dia mecontohkan, penolakan terhadap Ahok dan lantas ada yang mau bikin Gubernur tandingan.

“Artinya tak boleh semena-mena. Agama-agama yang ada harus bersatu serta harus pula berjalan bersama- bersama, sembari mengajak, yang sama jangan dibeda-bedakan dan yang beda jangan disama-samakan, karena Indonesia adalah negara tempatnya orang beragama,” tukasnya.

Disisi lain, terkait kebijakan pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres M. Jusuf Kalla untuk menghilangkan kolom agama dalam KTP, Muzadi menyatakan menolak dengan tegas.

“Apabila dihilangkan, tentunya terasa aneh karena selama ini kolom agama di KTP jelas sekali identitas agama dari penduduk yang bersangkutan,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kakanwil Kemenag Sulut Drs H Sa’ban Mauludin MPDi. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on