Festival Benlak Jadi Agenda Pariwisata Nasional Sulut

Reporter : | 01 Dec, 2014 - 13:30 WITA

RATAHAN, (manado24.com) – Iven akbar Festival Bentenan-Lakban (Benlak) yang dihelat Jumat (28/11/2014) pekan lalu dan berakhir Minggu (30/11/2014) kemarin, cukup memukau dan menjanjikan bagi potensi pariwisata Kabupaten Mitra dan Provinsi Sulut.

Pujianpun dilontarkan Sekretaris Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Sesmenko PMK) Drs Sugihartatmo MPia, yang membawakan sambutan Menteri Puan Maharani.

Menurutnya, Festival Benlak menjadi salah satu ajang warisan seni budaya Indonesia. “Kabupaten Mitra punya alam yang indah, yang memiliki potensi besar untuk Pariwisata dan Kebudayaan. Selangkah lagi Mitra akan miliki kebun raya, pembangunan satu-satunya eks tambang di dunia, yang menjadi kebun raya, ini sangat luar biasa. Untuk itu saya mengajak semua masyarakat mendukung upaya Pemkab Mitra yang memperkenalkan pariswisata dan budaya daerah lewat festival,” ucap Sugihartatmo, membuka secara resmi Festival Benlak dan sebelumnya telah meresmikan tribun dan panggung teater, yang ditandai dengan pengguntingan pita.

Gubernur pun memuji pelaksanaan festival ini, dan menyatakan di hadapan masyarakat luas yang menghadiri langsung festival tersebut, bahwa Festival Benlak sebagai agenda pariwisata Nasional Sulut.

“Jangan lupa sejarah Minahasa harus dilestarikan, karena di Mitra ada warisan budaya yang mempunyai nilai histori yang tinggi, yakni kain Bentenan. Saya juga berterima kasih atas restu Megawati, untuk nama kebun raya eks PT NMR, dan ini menjadi satu-satunya kebun raya yang dibangun di atas tanah bekas tambang, ini luar biasa,” ujar SHS-sapaan akrab Gubernur Sarundajang.

Bupati James Sumendap SH, sangat berterima kasih kepada Kementerian, Pemerintah Provinsi, yang sangat mendukung pelaksanaan festival tersebut.

“Jika tanpa dukungan pemerintah pusat dan provinsi, pemerintah daerah tak bisa banyak berbuat apa-apa. Terlebih soal promosi, itu sangat dibutuhkan untuk pelaksanaan di tahun-tahun mendatang. Terima kasih juga untuk rakyat Mitra dan jajaran Pemkab yang telah bahu-membahu mensukseskan Festival Benlak ini,” tandas Sumendap.(ten)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on