KPA Silian Mitra Sesalkan Penebangan Pohon di Area Mata Air

Reporter : | 03 Dec, 2014 - 13:31 WITA

RATAHAN, (manado24.com) – Penebangan pohon di area Perkebunan Desa Silian Kecamatan Silian Raya Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) menuai reaksi dari Kelompok Pecinta Alam (KPA) setempat.
Penebangan dilakukan di sekitar mata air.

”Kami kelompok pecinta alam berusaha untuk menata lingkungan. Tapi yang terjadi sebaliknya. Apalagi mata air itu biasa digunakan untuk keperluan masyarakat seperti mencuci. Sebagian justru menggunakannya untuk kebutuhan air minum. Namun akibat penebangannya dilakukan serampangan, ampas kayu telah mencemari mata air,” sesal Ketua KPA Silian, Frangky Matu.

Tak hanya soal pencemaran. Penebangan yang terus-menerus dilakukan dikhawatirkan akan membuat mata air tersebut lama kelamaan akan mengering. Hal ini bisa saja terjadi, apalagi jika dilihat dari kondisi di sekitar mata air yang memang sudah tandus.

“Sekarang memang belum kelihatan. Tapi lama kelamaan dampaknya pasti terlihat jelas. Debit air akan semakin berkurang dan akhirnya mata air akan mengering,” katanya

Kepala Dinas Kehutanan Mitra, Soni Wenas saat dikonfirmasi mengaku belum tahu soal itu. Meski begitu, dirinya pun berjanji untuk segera menindaklanjuti hal tersebut. “Saya juga baru tahu, soalnya belum ada laporan yang masuk terkait penebangan tersebut,” tukasnya. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on