Pilkada Bitung Kemungkinan Tahun 2018

Reporter : | 04 Dec, 2014 - 12:32 WITA

BITUNG, (manado24.com) – Tahun depan merupakan tahun demokrasi bagi warga Sulawesi Utara (Sulut) dimana akan dilakukan pemilihan Gubernur dan sedikitnya lima kabupaten/ Kota akan melaksanakan pemilihan kepala daerah (Pilkada). Namun untuk Kota Bitung, Pilkada kemungkinan nanti akan dilaksanakan pada 2018, mengingat masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota nanti akan habis pada tahun 2016.

“Sesuai Peraturan pengganti undang-undang (Perppu) nomor 1 tahun 2014 tentang Pilkada Gubernur, Bupati dan Walikota, dimana salah satu point dalam perppu Perppu tersebut menyatakan bahwa daerah yang masa jabatan kepala daerah habis pada tahun 2016, maka untuk Kota Bitung sendiri nanti akan melaksanakan Pilkada pada tahun 2018,” ujar Ketua KPU Kota Bitung Sammy Rumambi.

Meski begitu kata Rumambi, pihaknya dalam melaksanakan Pilkada siap melaksanakan tahapan Pilkada.

“Apakah nanti Pilkada dilakukan secara langsung atau nanti dipilih DPR kita siap melaksanakan tahapan. Tapi pada dasarnya kita masih akan menunggu petunjuk tehnis dari KPU Pusat, sebelum melaksanakan tahapan Pilkada,” terangnya.

Kembali ke Pilkada Kota Bitung yang kemungkinan akan dilaksanakan pada tahun 2018, hal tersebut mengindikasikan bahwa akan ada pejabat yang akan mengisi jabatan Walikota setelah Walikota dan Wawali periode 2011-2016 akan habis masa jabatannya pada pertengahan februari tahun 2016 mendatang.

“Dan kewenangan yang akan menunjuk pejabat nanti adalah Gubernur,” kata Rumambi. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on