Cegah Konflik Sosial, Elemen Masyarakat Mitra Diberi Pemahaman UU Nomor 7 Tahun 2012

Reporter : | 04 Dec, 2014 - 20:24 WITA

Penyuluhan tentang pencegahan konflik sosial di Kabupaten Mitra

Penyuluhan tentang pencegahan konflik sosial di Kabupaten Mitra

RATAHAN, (manado24.com)- Konflik sosial yang sering terjadi di Kabupaten Mitra, menjadi perhatian untuk dicegah jangan sampai meluas dan dampaknya semakin besar, sehingga merugikan daerah dan negara.

Untuk itu, Pemkab Mitra melalui Badan Kesbangpol, Kamis (4/12/2014), memberi pemahaman Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2012 tentang Penanganan Konflik Sosial, dalam bentuk sosialisasi yang digelar di Walei Wulan Lumintang Ratahan.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Drs Ventje Tamowangkai MSi, mengatakan, tujuan sosialisasi tersebut, dalam rangka memberi pemahaman kepada seluruh elemen masyarakat, amanat UU No 7 Tahun 2012 tentang Penanganan konflik sosial.

“Ini dilaksanakan sekaligus membeikan metode pemecahan masalah, ketika terjadi konflik sosial di masyarakat. Caranya melakukan deteksi dini dan upaya pencegahan,” jelasnya. Sementara Kasdim 1302 Minahasa Mayor Inf Imam Bashori mengatakan, dalam penanganan konflik sosial, TNI wajib melakukan cegah dini dan tiindakan untuk meredam konflik.

“TNI lakukan ini sesuai Inpres Nomor 2 Tahun 2013 tentang Tim Terpadu penanggulangan konflik. TNI dapat bertindak mencegah dan meredam konflik, yang kemudian untuk penanganan diserahkan ke pihak Kepolisian,” ujarnya.

Kesimpulan dari sosialisasi penanganan konflik sosial di Kabupaten Mitra, antara lain peran serta stakeholder yang harus bersinergi dengan aparat hukum untuk menjaga soliditas di daerah. Hadir dalam sosialisasi tersebut, selain Wakapolres Minsel Kompol Mohamad Irvan SIK dan Kasdim 1302 Minahasa Mayor Inf Imam Bashori, jajaran Pemkab Mitra, Camat, Hukum Tua, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Pers.(ten)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on