Wagub Sulut Minta BNPB Segera Realisasikan Bantuan Bansos Rp.209 Miliar

Reporter : | 04 Dec, 2014 - 22:50 WITA

SULUT, (manado24.com) – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR. Djouhari Kansil MPd, meminta supaya Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) melalui Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi, untuk segera merealisasikan dana bantuan sosial (bansos) Rp.209 Miliar yang diperuntukan untuk perbaikan sektor perumahan di Sulut.

“Anggaran tersebut sudah sangat dibutuhkan dan betul-betul sedang dinantikan seluruh masyarakat yang menjadi korban bencana di Sulut,” ujar Kansil, di rakor teknis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut, di Aula huyula kantor Gubernur, Kamis (4/12/2014).

Menurut Kansil lagi, dana sektor infrastruktur ekonomi dan sosial senilai Rp.325 Miliar, kiranya mendapat juga dapat perhatian dari BNPB. Pasalnya, dana itu untuk dugunakan dalam rangka pemuliahn prasarana dan sarana umum sosial di Sulut yang dilanda bencana alam Januari 2014 lalu.

Di sisi lain, dalam kegiatan yang dihadiri Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Harmensyah, Kapusdiklat BNPB Bagus Cahyono, Direktur Pemulihan dan Peningkatan Sosial Ekonomi BNPB Susanto, Kasubdit Mitigasi Pengurangan Resiko Bencana Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Ir Anita Pane ME, Kansil menjelaskan soal anggaran sebesar Rp.55 M untuk pemulihan pasca bencana banjir dan tanah longsor awal Tahun 2014 lalu.

“Dana itu sudah distribusikan untuk sektor permukiman yaitu penyediaan lahan relokasi permukiman, jalan, air bersih dan listrik sebesar Rp.49 miliar dan disektor infrastruktur Rp.1,2 Miliar serta sektor lainnya yaitu perbaikan kantor sebsar Rp.4,3 Miliar,” jelasnya. Seperti diketahui, pada rakor tersebut dihadiri Kepala BPBD Sulut Ir. Noldy Liow, dan diikuti instansi terkait dari kabupaten/kota se-Sulut. (ton)

 

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on