LSM-Wartawan Kecam Oknum Kepala BPN Mitra

Reporter : | 05 Dec, 2014 - 10:46 WITA

RATAHAN, (manado24.com) – Sikap yang ditunjukkan Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Mitra, Lemirin Sinurat, dikecam LSM dan wartawan.

Ketua LSM Gerakan Masyarakat Membangun (GEMMA) Mitra Vidy Ngantung meminta agar oknum Kepala BPN tersebut dicopot dari jabatannya.

”Ia telah melecehkan tugas pers, apalagi para wartawan akan melakukan konfirmasi berita. Apa salahnya jika belum mau menerima wartawan dijawab dengan sopan dan beretika, bukannya langsung mengusir,” tegas Ngantung seraya meminta Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Sulut, untuk menindaklanjuti persoalan ini.

(BACA JUGA: Kepala BPN Mitra Lecehkan Insan Pers)

Senada disampaikan Tokoh Pemuda Mitra Jones Suoth SPd. “Sikap yang ditunjukkan Kepala BPN Mitra bukan sikap seorang pejabat. Karena itu sikap yang menghalang-halangi tugas pers bertentangan dengan Undang-Undang, baik Undang-Undang Pers maupun Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik, sebaiknya Kepala BPN itu dicopot dari jabatannya,” tandas Suoth, yang juga adalah Ketua KNPI Mitra.

Kecaman juga datang dari Ketua Jurnalis Minahasa Tenggara (JMT) Ruland Sandak. Menurutnya, ada sejumlah produk hukum di Negara ini yang menjamin hak masyarakat mendapatkan informasi dari instansi publik, termasuk lewat media.

“Dalam UU Nomor 61 Tahun 2010 tentang Keterbukaan Informasi Publik, khususnya Pasal 11 ayat 1 menyebut, setiap Badan atau Instansi Publik wajib menyediakan informasi publik setiap saat yang antara lain meliputi informasi publik, laporan mengenai pelayanan akses dan lain sebagaimana. Ada pula UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers yang bahwa pers nasional mempunyai hak mencari, memperoleh serta menyebarkan informasi.” (ten)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on