Pemkab Mitra Sosialisasikan RTRW Kebijakan dan Strategi Penataan Ruang

Reporter : | 05 Dec, 2014 - 14:27 WITA

RATAHAN, (manado24.com) – Sosialisasi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Mitra, dengan tujuan kebijakan dan strategi penataan ruang, rencana struktur ruang, rencana pola ruang, kawasan strategis, kelembagaan, peran masyarakat, insentif dan disinsentif, dan pengenaan sanksi bagi pelanggar RTRW, dilaksanakan Kamis (4/12/2014) di Auditorium Pemkab Mitra.

Ada yang menarik pada sosialisasi ini, di mana narasumber Kabid Tata Ruang Dinas PU Provinsi Sulut Dr Liny Tambajong ST MSi, mengatakan Kabupaten Mitra adalah salah satu daerah di Sulut yang telah memiliki Peraturan Daerah (Perda) RTRW, dan termasuk yang paling cepat menyusunnya, sehingga masuk tahap pertama diperdakan. “Kabupaten Mitra masuk peringkat 7 awal, dan tahap pertama yang diperdakan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Tambajong juga menjelaskan UU No 26 Tahun 2007 tentang penataan ruang, untuk mewujudkan ruang wilayah yang aman, nyaman, dan produktif. Sebagai bagian dari materi Tertib Tata Ruang dan RTRW.

Pemateri sosialisasi adalah  Kabid Fispra Bappeda Mitra Ridwan Anom ST MURP, Dr Liny Tambajong ST MSi, dari Provinsi Sulut dengan materi tertib tata ruang dan RTRW.

“Saya sendiri membawa materi RTRW Kabupaten Mitra 2013-2033 dan SPM Bidang PU dan Tata ruang. Serta Sonny Tarima ST yang adalah PPNS Tata Ruang membawa materi kelembagaan dan peran masyarakat dalam penataan ruang,” tukas Anom. (ten)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on