Malaria Mengintai, Warga Kota Bitung Diminta Waspada

Reporter : | 06 Dec, 2014 - 15:36 WITA

BITUNG, (manado24.com) РWarga Kota Bitung, diingatkan agar mewaspadai berbagai macam penyakit diantaranya Malaria, saat musim penghujan. Pasalnya, dari data Dinas Kesehatan Kota Bitung, di bulan November hingga awal Desember 2014, terjadi peningkatan kasus penyakit Malaria  yang ditularkan nyamuk Anopheles ini di beberapa wilayah di Kota Bitung.

”Hingga bulan November hingga Awal Desember ini, sudah ada sekitar 30-an kasus penyakit Malaria yang ditemukan,” kata Roger Pomantow pengelolah penyakit Malaria Dinas Kesehatan Kota Bitung.

Saat ini saja kata Pomantow di Puskesmas Kelurahan Girian ada 4 pasien yang saat ini menderita penyakit Malaria. Sedangkan di RS Manembo-nembo ada 11 warga. ”Dan atas kasus ini Dinas Kesehatan sudah turun langsung melakukan pemeriksaan jentik-jentik nyamuk di beberapa wilayah asal para pasien yang menderita Malaria, seperti di Girian Atas, Manembo-nembo dan ssejumlah daerah lainnya,” kata Pomantow.

Selain melakukan pemeriksaan jentik, Dinkes Bitung juga melakukan pemeriksaan darah bagi warga dan membagikan kelambu. ”Jika setelah darah diperiksa positf Malaria, dua hari kemudian kita akan turun membagikan obat secara gratis,” katanya.

Untuk mengetahui jentik-jentik nyamuk Anopheles ini, bisa dilihat dari posisi jentik di air. Dimana jika tidur sejajar dengan permukaan air itu adalah jentik cikal bakal nyamuk Malaria. Namun jika jentik terlihat seperti menggantung itu adalah nyamuk biasa atau DBD. ”Karena itu langkah antisipasi agar terhindar dari penyakit Malaria adalah meningkatkan kebersihan lingkungan dan tidur menggunakan kelambu,” pungkasnya. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on