Hadapi KEK, Bahan Baku Industri Perikanan di Bitung Harus Diperhatikan

Reporter : | 06 Dec, 2014 - 23:23 WITA

SULUT, (manado24.com) – Menghadapi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kota Bitung, bahan baku industri perkikanan di daerah tersebut, harus diperhatikan. Hal itu disampaikan Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdaprov Sulawesi Utara (Sulut), Sanny Parengkuan.

Menurut dia, ketersediaan bahan baku tersebut, menjadi salah satu kunci utama upaya pengembangan industri perikanan.

“Ketersediaan bahan baku industri perikanan perlu mendapat perhatian serius dari semua pihak,” ingatnya, untuk persiapan KEK Bitung.

Dijelaskan Parengkuan, kwalitas industri pegolahan ikan di daerah ini, diakui masih sangat rendah yaitu sekitar 50 persen. Angka ini mengindikasikan bahwa, sulitnya unit pengolahan ikan (UPI) mendapatkan bahan baku.

“Tak tak kalah penting juga adalah kesiapan SDM yang punya keahlian dan kompetensi dalam industri pengolahan ikan, termasuk masalah pengawasan yang baik dari pemerintah terhadap perijinan tenaga kerja asing perlu lebih diperketat. Ini beberapa hal penting yang harus kita perhatikan, agar tenaga lokal yang profesional tak merasa tersisi,” terangnya.

Parengkuan menambahkan, mudah-mudahan dengan hadirnya KEK di Kota Bitung, setidaknya akan mempengaruhi UPI yang beroperasi di luar area KEK. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on