Koperasi dan UMKM di Sulut Berperan Kurangi Angka Pengangguran

Reporter : | 07 Dec, 2014 - 23:30 WITA

SULUT, (manado24.com) – Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), berperan mengurangi angka penangguran di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Pasalnya, berdasarkan data hingga September 2014, jumlah Koperasi di Sulut sebanyak 6.023, menyerap tenaga kerja hingga 10.526, sdangkan UMKM dengan 78,866 unit usaha, menyerap tenaga kerja hingga ratusan ribu orang.

“Koperasi dan UMKM punya peran penting dalam meminimalisir angka pengangguran. Untuk itu, pengembangan koperasi dan UMKM, sangat baik untuk dilakukan,” ujar Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulut Ir. Rene Hosang MSi.

Dijelaskan dia, isu strategis yang sekaligus menjadi tantangan saat ini, yakni data perkembanga koperasi dan UMKM, hasil monitoring nilai realisasi bersih pemanfaatan fasilitas pemerintah dan bantuan perkuatan modal koperasi dan UMKM, serta usulan program dan kegiatan untuk pemberdayaan koperasi dan UMKM tahun 2015.

“Saat ini semua dituntut lebih memacu derap langkah kinerja sesuai tupoksi, sehingga diperlukan disipilin dalam meriah suatu keberhasuilan. Sebab, tanpa disipilin keberhasilan tak akan diraih,” ucap Hosang.

Ditambahkannya, perlu ada penyatuan persepsi antara Pemprov dan Kabupaten/Kota di Sulut, dalam mengatasi persoalan-persoalan Koperasi dan UMKM, sehingga kedepan ada suatu kemajuan yang terbaik yang dapat diberikan bagi seluruh masyarakat di Sulut. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on