Dukung KEK Bitung, Korea Selatan Siapkan Dana US$ 700.000

Reporter : | 08 Dec, 2014 - 21:57 WITA

SULUT, (manado24.com) – Setelah beberapa Negara menyatakan siap untuk mendukung rencana pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kota Bitung, pasca ditetapkannya lewat Keputusan Presiden (Kepres) nomor 34, kali ini dukungan pun datang dari Negara Korea Selatan (Korsel).

Dalam pertemuan dengan tim Pemprov Sulawesi Utara (Sulut), Dewan Nasional KEK, dan perwakilan pemerintah Korsel di ruang eks WOC kantor gubernur Sulut, Senin (8/12/2014), Koo Jeong-Hyun salah satu perwakilan Korsel, menyatakan pihaknya siap mendukung pembuatan masterplan dengan dana senilai US$ 700.000.

Dijelaskan Koo Jeong-Hyun, Korsel akan segera melakukan pemetaan komprehensif terhadap kondisi KEK Bitung, kemudian akan ada tim yang menetapkan strategi pembangunan, dan dilanjutkan dengan memodifikasi masterplan yang dibutuhkan serta menyusun perencanaan mendatangkan para investor ke KEK Bitung dan wilayah Sulut lainnya melalui konsep Logistik Maritim.

“Kami (Korsel,red) menyiapkan dana senilai US$700.000, guna mendukung pengembangan KEK Bitung dan Logistik Maritim di Indonesia. Dukungan itu, diwujudkan dalam bentuk pemberian asistensi pembuatan masterplan di KEK Bitung,” terangnya.

Sementara Kepala Disperindag Ir. Jenny Karouw menjelaskan, kunjungan tim pemerintah Korsel ke Sulut, sebenarnya untuk menindaklanjuti MoU tahun 2013 lalu, yakni 3 zonasi dalam pengembangan kawasan KEK seluas 534 hektar tersebut, yakni, zonasi zonasi pengolahan Eksport, zonasi Industri dan zonasi Logistik.

“Ada 2 kawasan yang akan dilakukan pengembangan yakni di Palu Sulteng dan di Bitung Sulut. Dan tim akhirnya memilih KEK Bitung. Ini menjadi peluang dan tantangan bagi kita. Oleh karena itu, diharapkan semua stakeholder bisa mendukung rencana itu,” ujar Karouw.

Kepala BAPPEDA Sulut Ir Roy Roring menambahkan, berbagai persiapan dilakukan Pemprov Sulu dan Kota Bitung guna menunjang pengembangan KEK. Selain akan ditunjang pengembangan Hub Port Bitung, juga jalan Tol Manado-Bitung dan Waduk Kuwil.

“Marilah kita semua menunjang program ini. Semuanya tentunya akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan rakyat Sulut,” tandas Roring.

Seperti diketahui, dalam pertemuan tersebut, dipimpin Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan Sulut Drs. Sanny Parengkuang. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on