Pemprov dan Pemkab/Pemkot di Sulut Sepakat Tata Ijin Usaha Pertambangan Minerba

Reporter : | 08 Dec, 2014 - 22:55 WITA

SULUT, (manado24.com) – Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) dan Pemerintah Kabupaten/Kota di daerah ini, sepaka untuk melakukan penataan ijin usaha pertambangan mineral dan batubara (minerba).

“Kesepakatan itu dilakukan dalam rapat koordinasi dan supervisi pertambangan Minerba pada Sembilan Provinsi yang ada di Indonesia termasuk Sulut serta 164 kabupaten dan kota, yang dilaksanakan di Nusa Dua Bali pekan lalu,” ujar juru bicara Pemprov Sulut, Yahya Rondonuwu.

Kata dia, rapat yang menghadirkan pembicara yakni Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dan dihadiri Gubernur Gubernur Sulut DR. Sinyo Harry Sarundajang dan sejumlah Bupati/Walikota di Sulut, tujuannya untuk memberikan pembenahan pengelolaan ijin usaha pertambangan minerba di Indonesia.

“Di pertemuan itu, baik pemerintah provinsi maupun kabupaten dan kota menyepakati juga komitmen bersama koordinasi dan supervisi pengelolaan pertambangan minerba, dan melaksanakan kewajiban keuangan pelaku usaha pertambangan mineral dan batubara, serta melaksanakan pengawasan produksi pertambangan mineral dan batubara,” terang Rondonuwu.

Ditambahkan dia, Pemprov dan Pemkab/Pemkot di Sulut juga, melaksanakan kewajiban pengelolaan dan pemurnian hasil tambang minerba.

“Termasuk pengawasan penjualan dan pengangkutan/pengapalan hasil pertambangan minerba tersebut,” jelas Kabag Humas Pemprov Sulut itu. (ton)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Pengembangan KEK Bitung Masuk Daftar Kerjasama Investasi China di Indonesia

Gubernur Sulut S.H. Sarundajang, dalam pertemuan antara Pemerintah Indonesa dan China. SULUT,... 

HUT ke-12 Kota Tomohon, DPRD Tomohon Gelar Rapat Paripurna

Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-12 Kota Tomohon TOMOHON, (manado24.com) – Memperingati... 
Minahasa Advertisement

Join us on